Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171067
Title: Pengaruh Environmental Concern, Iklan di Media Sosial dan Theory of Planned Behavior (TPB) Model terhadap Niat Beli Pembalut Kain
Other Titles: The Influence Of Environmental Concern, Social Media Advertising, Environmental Concern, And Theory Of Planned Behavior (TPB) Model On The Purchase Intention Of Cloth Sanitary Napkins
Authors: Matoati, Rindang
Alfiah, Najwah Adinda
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Limbah pembalut sekali pakai menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Pembalut kain hadir sebagai alternatif ramah lingkungan, namun tingkat adopsinya masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh environmental concern, iklan di media sosial, dan model Theory of Planned Behavior (TPB) terhadap niat beli pembalut kain. Metode penelitian meliputi analisis deskriptif, Structural Equation Modeling (SEM), dan Thematic Content Analysis (TCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian lingkungan berpengaruh positif terhadap sikap konsumen, iklan di media sosial efektif meningkatkan kesadaran dan norma subjektif, sementara variabel dalam TPB yaitu attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control secara simultan memengaruhi niat beli. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran digital yang disertai edukasi lingkungan untuk mendorong konsumsi produk ramah lingkungan
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171067
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H2401211030_496636f6bdce41f8aeb8ea5b7127617b.pdfCover1.79 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_H2401211030_7bd2007752a142b6a1c617864376bd78.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.87 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H2401211030_3d771dc0aaff42ac9a20e38d09cb9a49.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.