Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171000
Title: Strategi Pemasaran Wisata Monumen Nasional Setelah Revitalisasi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kawasan Wisata Monumen Nasional
Other Titles: Marketing Strategies For The National Monument Tourist Attraction After Revitalization To Increase Tourist Visits To The National Monument Tourist Area.
Authors: Rahmani, Natasha Indah
AHIRIA, SILVI ANGGIRY
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Monumen Nasional (Monas) adalah destinasi wisata terkenal di Jakarta yang menyimpan nilai sejarah serta budaya. Usai Revitalisai, kawasan Monas mengalami berbagai perubahan. Dilakukannya Revitalisasi diharapkan dapat menambah kenyamanan dan daya tarik bagi pengunjung. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran Monas pasca-Revitalisasi dalam menarik kunjungan wisatawan. Penelitian dilaksanakan melalui observasi langsung di lokasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara dengan UPK Monas secara online. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan metode Analisis SWOT dan Matriks IFAS serta EFAS yang bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian didapatkan kondisi pariwisata setelah dan sebelum dilakukannya Revitalisasi. Terdapat juga strategi yang didapatkan dari hasil analisis SWOT yaitu strategi SO (Strength dan Opportunities) yang berisikan mengenai mempromosikan acara malam Monas seperti pertunjukan lampu dan air mancur melalui sosial media resmi Monas (Instagram dan Tik-Tok), melakukan kolaborasi dengan influencer untuk mempromosikan Monas dan mengedukasi cara reservasi tiket secara online, mengadakan event edukasi sejarah bagi pelajar dengan memanfaatkan fasilitas revitalisasi yang sudah modern, mendorong promosi puast oleh-oleh UMKM di kawasan Monas sebagai bagian dari pengalaman wisata, mengembangkan wisata berbasis teknologi (AR (Augmented Reality)/VR (Virtual Reality)) di area Revitalisasi Monas yang lebih menarik secara visual. Luaran (Output) yang dirancang yaitu buku panduan wisata di Monas disertai terdapat tampilan Augmented Reality (AR), paket wisata malam di Monas dan flashcard tentang pembangunan Monas yang disertai Augmented Reality dengan penjelasan suara yang menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol.
The National Monument (Monas) is a famous tourist destination in Jakarta that holds historical and cultural value. After the revitalization, the Monas area underwent various changes. The revitalization is expected to increase comfort and appeal for visitors. This study aims to identify Monas's post-Revitalization marketing strategies for attracting tourist visits. The research was conducted thru direct observation at the site, distribution of questionnaires, and online interviews with the Monas UPK. The collected data was then analyzed using the SWOT Analysis method and the IFAS and EFAS matrices, with the aim of formulating appropriate marketing strategies. This research uses a qualitative method. The results of the study show the state of tourism before and after the Revitalization. There are also strategies derived from the SWAT analysis, namely the SO (Strengths and Opportunities) strategy, which includes promoting Monas nite events such as light and fountain shows thru the official Monas social media (Instagram and TikTok), collaborating with influencers to promote Monas and educate people on how to book tickets online, organizing historical education events for students using the modern revitalization facilities, encouraging the promotion of MSME souvenir centers in the Monas area as part of the tourism experience, and developing technology-based tourism (AR (Augmented Reality)/VR (Virtual Reality)).The designed output is a tourist guide book at Monas accompanied by an Augmented Reality (AR) display, a night tour package at Monas and flashcards about the construction of Monas accompanied by Augmented Reality with voice explanations using English and Spanish.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171000
Appears in Collections:UT - Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0302211061_79a81e0560934622842137e7bc6db76d.pdfCover1.8 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0302211061_a554aff1ea4045ccac1427697636debe.pdf
  Restricted Access
Fulltext990.21 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0302211061_29565672df0c409a8577b4069667e640.pdf
  Restricted Access
Lampiran488.32 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.