Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170813
Title: HUBUNGAN INTERAKSI KELUARGA, DUKUNGAN SOSIAL, DAN STRATEGI KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI TAHUN PERTAMA
Other Titles: 
Authors: Defina
Rizkillah, Risda
Sasono, Amirullah Adi
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Mahasiswa tahun pertama menghadapi tantangan adaptasi akademik yang dapat memengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan interaksi keluarga, dukungan sosial, dan strategi koping dengan prestasi akademik mahasiswa S1 tahun pertama di IPB University. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi keluarga yang harmonis, dukungan sosial yang memadai, dan strategi koping adaptif berhubungan positif dengan prestasi akademik, sedangkan strategi koping maladaptif cenderung berhubungan negatif. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi faktor keluarga, sosial, dan koping adaptif mendukung keberhasilan akademik mahasiswa sebaliknya strategi koping maladaptif menurunkan keberhasilan prestasi akademik mahasiswa di tahun pertama.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170813
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_I2401211073_e67ac85d7b7747559fa3ba16cdfffbee.pdfCover2.59 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_I2401211073_005126ba117c4487924adea5b24e256b.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.98 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_I2401211073_62914fc1bbf84e0fa28b27e32dab8eb7.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.