Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170571
Title: Representasi Ketenangan Seorang Anak dalam Menjaga Ibunya dalam Iklan “Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc”
Other Titles: The Representation of a Child’s Calmness in Caring for His Mother in the Advertisement "Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc"
Authors: Ramdani, Guruh
HAPSARI, SARA AMELIA
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Iklan layanan kesehatan sering menggunakan pendekatan emosional untuk menciptakan kedekatan dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi ketenangan dalam iklan Halodoc “Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc” menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif, berfokus pada tiga jenis tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana ketenangan dibangun secara visual melalui struktur naratif dan ekspresi emosional dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi ketenangan ditampilkan melalui indeks berupa ekspresi wajah dan gestur tubuh, ikon berupa elemen visual yang menyerupai keseharian, serta simbol berupa teks kampanye dan logo brand. Temuan ini menunjukkan bahwa tanda-tanda visual tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk pengalaman emosional yang memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada audiens.
Health service advertisements often use emotional approaches to build a sense of closeness with the audience. This study aims to analyze the representation of calmness in Halodoc’s advertisement titled “Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc” using Charles Sanders Peirce’s semiotic theory. The research employs a qualitative descriptive method, focusing on examining three types of signs: icon, index, and symbol. This study also explores how calmness is constructed visually through narrative structure and emotional expressions throughout the advertisement. The findings show that calmness is represented through indices such as facial expressions and gestures, icons in the form of familiar everyday visuals, and symbols, including campaign texts and brand logos. These signs not only convey information but also build emotional experiences that reinforce a sense of trust and comfort for the audience.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170571
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301211026_62b488367fc640269af4484e40fb8f39.pdfCover542.47 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301211026_a42e0891bcff447b83834d9ecbdd2177.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.12 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301211026_735784c6182d442fa8246effbaedf96a.pdf
  Restricted Access
Lampiran314.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.