Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170547
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuparman-
dc.contributor.authorAriviani, Firda Suci-
dc.date.accessioned2025-08-27T05:17:10Z-
dc.date.available2025-08-27T05:17:10Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170547-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi komunikasi dan media sosial telah mengubah cara masyarakat, khususnya generasi muda, dalam mencari dan memperoleh informasi. TikTok sebagai platform media sosial yang populer, kini banyak digunakan sebagai media edukasi, termasuk dalam hal perawatan kulit (skincare). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi konten TikTok akun Dr. Giovanniabraham (@dr.gio) dan pengaruhnya terhadap pemenuhan kebutuhan informasi skincare oleh followers. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan media sosial, khususnya TikTok, yang kini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana edukasi yang efektif bagi masyarakat, terutama generasi muda. Akun TikTok milik Dr. Giovanniabraham dipilih sebagai objek penelitian karena menyajikan konten edukatif seputar perawatan kulit (skincare) yang banyak diminati. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh konten yang disajikan oleh akun tersebut terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers-nya, serta seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 400 responden yang merupakan followers akun @dr.gio. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratifications yang mencakup lima jenis kebutuhan informasi, yaitu kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan kebutuhan berkhayal. Data dianalisis dengan uji statistik menggunakan SPSS 25 uji validitas, reliabilitas, uji Wilcoxon, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa konten TikTok yang dibuat oleh Dr. Gio memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi skincare para followers. Hal ini dibuktikan melalui uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Z sebesar -15,982 dengan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah followers mengonsumsi konten dari akun tersebut. Selain itu, faktor-faktor seperti kredibilitas sebagai dokter, gaya penyampaian yang menarik dan mudah dipahami, serta konsistensi dalam mengunggah konten menjadi komponen utama yang membuat akun ini dipercaya dan diandalkan sebagai sumber informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial, khususnya TikTok, berperan penting dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, terutama dalam hal edukasi kesehatan kulit. Dr. Gio, sebagai seorang profesional medis, berhasil memanfaatkan platform ini secara optimal untuk menyampaikan informasi yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga menarik bagi audiensnya.-
dc.description.abstractThe development of communication technology and social media has changed the way people, especially the younger generation, seek and obtain information. TikTok, as a popular social media platform, is now widely used as an educational medium, including on skincare. This study aims to analyze the content of Dr. Giovanniabraham's TikTok account (@dr.gio) and its influence on fulfilling followers' skincare information needs. This research is motivated by the rapid development of information technology and social media, particularly TikTok, which now serves not only as entertainment but also as an effective educational tool for the public, especially the younger generation. Dr. Giovanniabraham's TikTok account was chosen as the research object because it provides educational content about skincare that is highly sought after. The main objective of this study is to determine the extent and extent of the influence of the account's content on fulfilling its followers' information needs. This study used a quantitative approach with a survey method among 400 respondents who were followers of the @dr.gio account. The theory used was the Uses and Gratifications theory, which encompasses five types of information needs: cognitive, affective, personal integration, social integration, and fantasy needs. The data was analyzed statistically using SPSS 25 for validity, reliability, the Wilcoxon test, and the coefficient of determination. The analysis showed that TikTok content created by Dr. Gio had a significant influence on fulfilling followers' skincare information needs. This was demonstrated by the Wilcoxon test, which showed a Z-value of -15.982 with a significance level of 0.000, indicating a significant difference before and after followers consumed content from the account. In addition, factors such as credibility as a doctor, an engaging and easy-to-understand delivery style, and consistency in uploading content were key components that made this account a trusted and reliable source of information. This study concluded that social media, particularly TikTok, plays a crucial role in meeting the public's information needs, particularly regarding skin health education. Dr. Gio, as a medical professional, successfully leveraged this platform to deliver information that was both useful and engaging to his audience.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleKonten Tiktok Akun Dr. Giovanniabraham (@Dr.Gio) dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare oleh Followersid
dc.title.alternativenull-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordcontentid
dc.subject.keywordTiktokid
dc.subject.keyworduses and gratificationid
dc.subject.keywordinformation needsid
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301211368_ae54ba3fdc464dc582ecc0840748b099.pdfCover523.29 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301211368_19df8ba5228641f1abeadf48f6060458.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.12 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301211368_f303435b22bd417ebaab1f803655c397.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.