Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169400| Title: | PENGARUH PRAKTIK PENGASUHAN KAKEK/NENEK (GRAND PARENTING) DAN GAYA PENGASUHAN IBU TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR |
| Other Titles: | |
| Authors: | Riany, Yulina Eva Putri, Tias Tika Siti Nurhalizha |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali dan mengelola perasaan diri serta orang lain. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh karakteristik kakek-nenek, karakteristik ibu rumah tangga, praktik pengasuhan kakek-nenek, dan gaya pengasuhan ibu terhadap kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan 130 ibu rumah tangga, 130 kakek-nenek, dan 130 anak di SDN Pejuang V dan SDI Ar-Riyyadh Kota Bekasi Barat, Jawa Barat, yang dipilih secara purposive sampling. Hasil menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara gaya pengasuhan autoritatif ibu dan kecerdasan emosional anak. Gaya pengasuhan otoriter dan permisif ibu, serta praktik pengasuhan kakek-nenek, juga berpengaruh positif. Hasil ini menegaskan pentingnya sinergi ibu dan kakek-nenek dalam menerapkan pola asuh responsif dan seimbang untuk memperkuat keterampilan sosial-emosional anak, yang berkontribusi pada perkembangan psikososial mereka di masa depan. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169400 |
| Appears in Collections: | UT - Family and Consumer Sciences |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| cover_I24180007_4bad91456c984f24b303d64e70be74a6.pdf | Cover | 437.55 kB | Adobe PDF | View/Open |
| fulltext_I24180007_5fb2650f68674c6f8c17c0f5509487d1.pdf Restricted Access | Fulltext | 1.66 MB | Adobe PDF | View/Open |
| lampiran_I24180007_a1db6bc0f5ad4b16961aad929f5b97b7.pdf Restricted Access | Lampiran | 545.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.