Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168268
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHartoyo
dc.contributor.advisorIrman Hermadi
dc.contributor.authorIskandar, Maja
dc.date.accessioned2025-08-07T10:45:02Z
dc.date.available2025-08-07T10:45:02Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168268
dc.description.abstractPersentase pengguna mobile banking saat ini lebih rendah dibandingkan dengan jumlah pengguna aktif internet yang memakai smartphone di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pengembangan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology2 (UTAUT2) dengan menambahkan dua faktor penting lainnya yaitu persepsi risiko dan observability. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan niat dan pembentukan perilaku penggunaan aktual mobile banking oleh pelanggan di Indonesia, dan menyarankan langkah-langkah yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan niat penggunaan mobile banking berdasarkan model penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan pertanyaan secara online, dengan hasil sebanyak 360 data responden. Penulis melakukan analisa data dengan menggunakan model Structural Equation Modelling LISREL, IPA dan MSA. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa observability, harapan usaha, motivasi hedonik, dan fasilitas pendukung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan niat perilaku. Persepsi risiko dan nilai harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembentukan niat perilaku. Niat perilaku dan pengalaman berpengaruh positif dan signifikan pada pembentukan perilaku penggunaan aktual mobile banking. Variabel jenis kelamin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel laten yang ada pada model penerimaan, sedangkan variabel usia tidak memengaruhi secara signifikan terhadap tingkat behavioral intention dan use behavior mobile banking.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Model Utaut2id
dc.subject.keywordNiat Perilakuid
dc.subject.keywordMobile Bankingid
dc.subject.keywordObservasibilityid
dc.subject.keywordPersepsi Risikoid
dc.subject.keywordSemid
dc.subject.keywordUtaut2id
dc.subject.keywordSem Lisrelid
dc.subject.keywordIpaid
dc.subject.keywordMsaid
dc.subject.keywordUji Validitasid
dc.subject.keywordUji Reliabilitasid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20MIR.pdf
  Restricted Access
3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.