Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168156
Title: Formulasi Strategi Distributor Alat dan Mesin Pertanian (Studi Kasus Pt Bina Pertiwi)
Authors: Baga, Lukman M.
Maulana, Agus
Gunawan, Asep Iwan
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia sebagai negara agraris menghadapi tantangan bagaimana meningkatkan produktivitas pertanian untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas pertanian adalah dengan mekanisasi pertanian. Untuk berjalannya mekanisasi pertanian dengan baik perlu adanya alat-alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam jumlah yang memadai. Dengan demikian di Indonesia alsintan menjadi salah satu bisnis yang masih cukup besar peluangnya untuk berkembang. Keberadaan perusahaan distributor alsintan yang sehat secara bisnis juga diharapkan menjadi salah satu pendukung keberhasilan mekanisasi pertanian di Indonesia. PT Bina Pertiwi (BP) adalah salah satu perusahaan swasta Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT United Tractors Tbk (UT). Bisnis utama perusahaan ini adalah perdagangan alat dan mesin pertanian. Lini bisnis lainnya adalah forklift, genset, mesin konstruksi dan yang terbaru adalah suku cadang aftermarket alat berat. Dengan lini bisnis yang cukup beragam, perusahaan ini tidak terlepas dari tantangan lambatnya pertumbuhan bisnis sebagai dampak adanya perubahan eksternal dan internal. Pada periode tahun 2014 sampai dengan 2018 PT Bina Pertiwi mengalami nilai pertumbuhan penjualan yang stagnan dan keuntungan yang terus menurun. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis faktor-faktor strategis lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi pertumbuhan bisnis PT Bina Pertiwi, 2) Merumuskan strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis PT Bina Pertiwi, 3) Menyusun peta jalan (road map) strategi PT Bina Pertiwi. Metode yang dipakai terdiri atas analisis faktor strategis lingkungan eksternal dengan kerangka Politic, Economy, Social, Technology, Environment, Legal (PESTEL)serta 5 forces Porter dan internal dengan kerangka fungsional (pemasaran, penjualan, operasi, keuangan, SDM), analisis External Factors Evaluation (EFE), analisis Internal Factors Evaluation (IFE), analisis Internal External (IE, analisis matriks SWOT, dan arsitektur strategik. Hasil analisis menunjukkan faktor-faktor strategis eksternal BP meliputi 6 peluang dan 6 ancaman. Adapun faktor-faktor strategis internal meliputi 5 kekuatan dan 4 kelemahan. Pada penelitian ini BP mendapatkan nilai EFE 2.617 dan nilai IFE 3.047. Posisi BP pada matriks IE adalah sel IV yang berarti grow & build dengan pilihan strategi intensif dan integratif. Hasil analisis SWOT memberikan BP beberapa strategi yang bisa dijalankan yaitu berupa 7 strategi SO, 3 strategi ST, dan 5 srategi WO. Pilihan strategi tersebut kemudian disusun dalam suatu arsitektur strategik untuk menjadi road map bagi BP dalam 4 tahun ke depan menuju tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168156
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19AIGN.pdf
  Restricted Access
2.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.