Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166967
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTutik, Woro Wiryar-
dc.contributor.authorkamil, Fakhira aini-
dc.date.accessioned2025-08-07T07:31:38Z-
dc.date.available2025-08-07T07:31:38Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166967-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja untuk mengetahui tingkat kesesuaian serta mengidentifikasi indikator yang menjadi prioritas utama dalam upaya peningkatan mutu pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan makanan di Rumah Sakit Tingkat III Salak dr. H. Sadjiman Bogor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik purposive sampling dalam penentuan sampel, melibatkan sebanyak 44 responden. Metode pengumpulan data mencakup angket (kuesioner), wawancara, dan arsip rumah sakit. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis menggunakan metode IPA menghasilkan tingkat kesesuaian sebesar 100%, yang mencerminkan bahwa lima dimensi kualitas pelayanan telah sesuai dengan harapan pasien, sementara hasil penghitungan CSI menunjukkan nilai sebesar 78%, yang mengindikasikan bahwa pasien berada dalam kategori puas terhadap pelayanan makanan rumah sakit. Sebagai strategi untuk meningkatkan kepuasan tersebut, dikembangkan media edukasi berupa leaflet, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pasien mengenai jenis diet yang sesuai dengan kondisi kesehatannya.-
dc.description.abstractThis study aims to analyze the level of importance and the level of performance in order to determine the level of conformity and identify key indicators that should be prioritized to improve patient satisfaction and service quality at Rumah Sakit Tingkat III Salak dr. H. Sadjiman Bogor. A quantitative descriptive approach was employed. Respondents were selected using purposive sampling, involving a total of 44 participants. Data were collected through questionnaires, interviews, and hospital records. The data analysis methods used were Importance Performance Analysis (IPA) and the Customer Satisfaction Index (CSI). The IPA results showed a 100% conformity level across the five dimensions of service quality, indicating that overall patient expectations were met, the CSI result was 78%, suggesting that patients were satisfied with the hospital food services. To support improved satisfaction, an educational leaflet was developed as an intervention strategy to inform patients about appropriate dietary types.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan di RS Salak dengan Pengembangan Media Leafletid
dc.title.alternativenull-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordImportance Performance Analysis (IPA)id
dc.subject.keywordCustomer satisfaction index (CSI)id
dc.subject.keywordleafletid
dc.subject.keywordservice qualityid
dc.subject.keywordCustomer Satisfactionid
Appears in Collections:UT - Management of Food Service and Nutrition

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0306211175_d8ed7fc87b1344d091cb46769e2545cb.pdfCover896.32 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0306211175_f291e07411bb43e98040df671f653cd9.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.3 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0306211175_e003d66591eb43268fea044bddb9b5e9.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.