Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164261Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Sitanggang, Imas Sukaesih | - |
| dc.contributor.author | Ikhlash, Muhammad | - |
| dc.date.accessioned | 2025-07-08T08:49:58Z | - |
| dc.date.available | 2025-07-08T08:49:58Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164261 | - |
| dc.description.abstract | Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan isu serius di Indonesia dengan berbagai penyebab dan dampak luas, sehingga upaya pencegahan perlu dilakukan untuk melindungi lingkungan dan mengurangi dampak negatif. Untuk mendukung pencegahan tersebut, Sistem Informasi Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPP Karhutla) dikembangkan sebagai sistem berbasis client server. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan fitur-fitur dan memperbaiki bug pada aplikasi mobile Patroli Karhutla menggunakan bahasa pemrograman Kotlin dan metode prototyping yang mencakup komunikasi, perencanaan dan pemodelan cepat, pengembangan prototipe, serta pengujian dan umpan balik. Fitur yang dikembangkan meliputi penyimpanan otomatis, penyimpanan offline, penambahan parameter baru, serta integrasi model AI untuk klasifikasi tingkat keparahan karhutla. Pengujian dilakukan menggunakan metode black-box testing dengan hasil 100% berhasil, serta User Acceptance Testing (UAT) dengan nilai rata-rata 4,37 dari skala 5. Hasil ini menunjukkan aplikasi diterima dengan baik dan berfungsi sesuai harapan, sehingga diharapkan dapat mendukung upaya penanggulangan karhutla di Indonesia secara lebih optimal. | - |
| dc.description.sponsorship | null | - |
| dc.language.iso | id | - |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.title | “Pengembangan Aplikasi Mobile Patroli Pencegahan Karhutla (SIPP Karhutla) Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin | id |
| dc.title.alternative | null | - |
| dc.type | Skripsi | - |
| dc.subject.keyword | aplikasi mobile | id |
| dc.subject.keyword | Kecerdasan Artifisial (KA) | id |
| dc.subject.keyword | metode prototyping | id |
| dc.subject.keyword | karhutla | id |
| dc.subject.keyword | kotlin | id |
| Appears in Collections: | UT - Computer Science | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| cover_G6401211051_8c931be2aa0c4740b64a979454a255e0.pdf | Cover | 887.92 kB | Adobe PDF | View/Open |
| fulltext_G6401211051_8c83169c856848fe82cfd32cf136f779.pdf Restricted Access | Fulltext | 2.76 MB | Adobe PDF | View/Open |
| lampiran_G6401211051_e811e1a8eb3e4630906545d10e4a3d92.pdf Restricted Access | Lampiran | 1.93 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.