Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162530
Title: Perancangan Website Informasi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai Media Promosi dan Penghubung Konsumen
Other Titles: 
Authors: Alexandi, Muhammad Findi
Neyman, Shelvie Nidya
Sipahutar, Luat Paska
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran penting dalam perekonomian daerah dan nasional. Kementerian Koperasi dan UKM berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat serta memperluas lapangan kerja, terutama di daerah berkembang diantaranya Kabupaten Bekasi. Ditengah arus globalisasi dan digitalisasi, banyak UMKM yang masih mengandalkan metode promosi konvensional, sehingga keterbatasan dalam menjangkau pasar menjadi tantangan utama Kabupaten Bekasi, UMKM berkembang seperti makanan, kerajinan tangan, fashion, dan produk berbasis teknologi. Pelaku UMKM yang masih menghadapi keterbatasan dalam mengakses pasar yang lebih luas, terutama akibat minimnya pemanfaatan teknologi digital untuk promosi dan pemasaran. UMKM masih mengandalkan metode promosi konvensional seperti bazar lokal, brosur, dan promosi mulut ke mulut, menyebabkan keterbatasan dalam menjangkau konsumen potensial yang lebih luas skala regional, nasional dan global. Kurangnya akses terhadap platform digital yang terintegrasi juga menghambat perkembangan jaringan usaha dan peluang ekspansi pasar. Penelitian dilaksanakan kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Pengambilan data produk UMKM diantaranya olahan industri makanan, minuman, dan sandang. Pengisian kuisoner dilakukan pada pengguna website yang dibuat. Perancangan website menggunakan laptop lenovo dengan spesifik Accelerated Processing Unit A8-6410, 4 gigabyte Random Access Memory dan sistem operasi windows 10 pro. Total 150 produk UMKM meliputi tas kulit, kain perca, tusuk silang, tenun dan kerajinan. Makanan olahan diantaranya lumpia, brownies, kue pia, nata de coco, lapis legit, keripik jagung, keripik buah, dan bandeng presto, serta minuman tradisional. Dengan menggunakan rebranding dalam menarik pelanggan dengan desain logo bernama www.produkumkmsejahtera.com. Membuat tampilan desain web UMKM, teknologi CSS dan HTML digunakan. Uji validitas dilakukan pada 50 responden dapat disimpulkan seluruh item instrumen penelitian dinyatakan benar terhadap produk UMKM memiliki korelasi item total > 65,468. Setelah diuji dengan metode alpha Cronbach, variabel ini memiliki nilai alfa Cronbach 0,956, yang menunjukkan bahwa reliabilitasnya baik dan dapat diterima dengan nilai di atas 0,60. Kata Kunci: Peluang UMKM Bekasi, Promosi UMKM, dan Market
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162530
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_P0504231003_38b17f0648cd42c3a44e4965f6f0c2b9.pdfCover365.93 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_P0504231003_2ec5de1c1d2b4d149c7988282dc57b9b.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.17 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_P0504231003_d1ce5fc88db64214b6a5ce67348a297f.pdf
  Restricted Access
Lampiran337.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.