Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160789
Title: Pengoptimuman Masalah Penjadwalan Empat Hari Kerja dalam Seminggu dengan Dua atau Tiga Hari Libur Berturut-turut
Other Titles: Optimization of a Four-Day Workweek Scheduling Problem with Two or Three Consecutive Days Off
Authors: Silalahi, Bib Paruhum
Mayyani, Hidayatul
A'isy, Muhammad Nur
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Setiap perusahaan selalu dihadapkan pada permasalahan dalam menyusun penjadwalan kerja yang efektif. Pola penjadwalan empat hari kerja dalam seminggu dengan dua atau tiga hari libur berturut-turut dapat menjadi penjadwalan alternatif untuk perusahaan yang menerapkan penjadwalan empat hari kerja bagi pekerjanya. Penelitian ini akan menyelesaikan masalah penjadwalan tersebut dimulai dengan menentukan total pekerja minimum yang memanfaatkan struktur masalah. Selanjutnya dilakukan pengalokasian pekerja pada pola kerja yang meminimumkan biaya total pekerja. Dalam beberapa kasus, penetapan pola kerja yang optimal ditentukan tanpa memerlukan integer programming, cukup dengan melakukan teknik substitusi ke dalam formula yang dibuat dengan memanfaatkan hubungan primal-dual suatu pemrograman linear. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penyelesaian dengan menggunakan teknik subsitusi tersebut mampu menghasilkan solusi yang setara dengan solusi eksak dari integer programming dalam meminimumkan total pekerja dan total biaya pekerja.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160789
Appears in Collections:UT - Mathematics

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_G5401201008_de7fb2b1cd2b437daeb29b15ad1df880.pdfCover665 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_G5401201008_413317888b8640cd92db070bc32795f8.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.05 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_G5401201008_dbf65646fbbb494c84b35df3ef143974.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.