Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160569
Title: Perancangan Pengukuran Kinerja Bursa Kerja Khusus Sekolah Menengah Kejuruan dengan Pendekatan Balanced Scorecard
Other Titles: Performance Measurement of Vocational High School Special Job Market
Authors: Sukmawati, Anggraini
Ekananta, Arry
Istiyaningrum, Devi
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Tesis berjudul "Perancangan Pengukuran Kinerja Bursa Kerja Khusus Sekolah Menengah Kejuruan dengan Pendekatan Balanced Scorecard" bertujuan untuk merancang sistem pengukuran kinerja bagi Bursa Kerja Khusus (BKK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengukuran kinerja BKK dengan memasukkan serangkaian indikator kinerja yang lebih komprehensif. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi faktor-faktor kunci keberhasilan BKK dan menerjemahkannya ke dalam empat perspektif balanced scorecard: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Kerangka kerja ini, yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton, disesuaikan untuk selaras dengan tugas dan tanggung jawab BKK sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengevaluasi implementasi peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 39 tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja terkait dengan BKK. Setelah data terkumpul, peneliti merumuskan sasaran strategis untuk masing-masing perspektif BSC. Sasaran strategis ini saling terkait melalui hubungan sebab-akibat yang menghasilkan peta strategis. Untuk mengukur kinerja BKK terhadap sasaran-sasaran strategis dilakukan identifikasi dan menentukan Indikator Kinerja Utama (IKU) menggunakan metode Focus Group Discussion. IKU yang telah disepakati kemudian dibobotkan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan tingkat kepentingannya. Penelitian ini menghasilkan sistem pengukuran kinerja baru untuk BKK berdasarkan pendekatan BSC. Sistem ini diuji melalui implementasi percontohan di beberapa BKK SMK terpilih di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Temuan menunjukkan bahwa sistem pengukuran kinerja yang komprehensif ini membantu BKK lebih efektif mencapai tujuan strategisnya dan meningkatkan kesiapan kerja lulusan SMK.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160569
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H2501222008_9012b65b7112445eb4f68a170a2825c6.pdfCover986.67 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H2501222008_168ab2f1483f483b88ce9d96c8f253e5.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.19 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H2501222008_987d4e2f467d402db7b5215da5d990a0.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.