Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159120
Title: Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Petani dalam Memilih Lembaga Pemasaran Jeruk Pamelo di Kabupaten Magetan
Other Titles: Factors Determining Farmers' Decisions to Choose Pamelo Orange Marketing Institutions in Magetan Regency
Authors: Kusnadi, Nunung
Putri, Tursina Andita
Fitriani, Nadia Desty
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Struktur pasar oligopsoni menjadi fenomena umum pada pasar produk produk usahatani kecil seperti jeruk pamelo di Kabupaten Magetan. Oleh karena itu penting untuk mempelajari sejauh mana petani jeruk pamelo di Kabupaten Magetan mempunyai pilihan dalam menjual jeruk pamelo. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lembaga-lembaga pemasaran jeruk pamelo yang bisa dipilih oleh petani dan menganalisis faktor yang memengaruhi keputusan petani dalam memilih lembaga pemasaran tersebut. Penelitian ini menggunakan data 48 petani jeruk pamelo yang dipilih menggunakan metode snowball sampling di tiga desa. Penjualan jeruk pamelo yang dilakukan oleh petani dipelajari pada tiga transaksi terakhir. Hasilnya menunjukkan bahwa petani dapat menjual jeruk pamelo kepada pedagang desa, pedagang kecamatan, pedagang besar, pengecer, dan konsumen akhir. Mayoritas petani (39 persen) memilih menjual jeruk pamelo ke pedagang desa. Selanjutnya, hasil model multinomial logistik menunjukkan bahwa harga positif menentukan pilihan petani menjual jeruk pamelo ke pedagang perantara dan ke pengecer alih-alih ke pedagang desa. Faktor-faktor lain yang juga berpengaruh signifikan adalah jaringan sosial, pendidikan, pengalaman bertani, jarak lembaga pemasaran, dan keanggotaan pada Kelompok Tani.
The oligopsony market structure is prevalent in the small-scale farming sector, particularly for pomelo in Magetan Regency. This study explores the selling options available to pomelo farmers in this area. It aims to identify the marketing channels accessible to farmers and analyze the factors influencing their choices. Data was collected from 48 pomelo farmers using snowball sampling across three villages, focusing on their last three sales transactions. Findings reveal that farmers can sell pomelo to village traders, sub-district traders, wholesalers, retailers, and directly to consumers. Most farmers (39%) prefer selling to village traders. A multinomial logistic model analysis indicates that higher prices encourage farmers to sell to intermediary traders and retailers rather than village traders. Additional significant factors influencing their choices include social networks, education level, farming experience, proximity to marketing outlets, and membership in farmer groups.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159120
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H3401201074_e1e24174572942bb945422b1651311a4.pdfCover521.34 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H3401201074_c6d307e53b224f1a8b55dfeac797c7f5.pdf
  Restricted Access
Fulltext810.42 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_H3401201074_005f222445234ab2945ca756f129150f.pdf
  Restricted Access
Lampiran362.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.