Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157878
Title: Pengaruh Brand Community terhadap Brand Loyalty Konsumen Generasi Z (Studi Kasus: Brand XYZ)
Other Titles: The Influence of Brand Community on Brand Loyalty of Generation Z Consumers (Case Study: Brand XYZ)
Authors: Suroso, Arif Imam
Nuraisyah, Ani
Rusnandar, Tahnia Nazmi
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Industri kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan pasca pandemi Covid-19 yang menyebabkan persaingan semakin ketat, terutama dengan kehadiran Generasi Z sebagai konsumen utama. Brand XYZ sebagai salah satu perusahaan kecantikan terbesar, memiliki tantangan dalam tingkat loyalitas konsumen Generasi Z yang belum mencapai hasil yang diharapkan. Perusahaan telah membangun brand community sebagai strategi untuk meningkatkan brand loyalty Generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand community dengan tiga aspek utama yaitu consciousness of kind, moral responsibility, dan ritual and tradition terhadap brand loyalty. Hasil data yang didapat melalui kuesioner dengan total 170 responden dan dianalisis melalui metode analisis deskriptif dan SEM-PLS menunjukkan bahwa consciousness of kind dan moral responsibility memengaruhi brand loyalty secara signifikan, sementara ritual and tradition tidak berpengaruh secara signifikan. Rekomendasi yang dapat diberikan diantaranya Brand XYZ bisa melibatkan anggota dalam penciptaan produk bersama (co-creation), program loyalitas dengan Membership ID Card, dan mengapresiasi anggota teraktif.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157878
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_K1401201043_a382ae64b53247bb93a1006a54d8bc2b.pdfCover994.56 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_K1401201043_e5633fe7cbeb4b378f79a2955c1d3837.pdf
  Restricted Access
Fulltext913.73 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_K1401201043_1c817954fac848c08ab2b2898d2053d7.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.