Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156546
Title: Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Maya Laundry
Other Titles: Analysis of Customer Satisfaction on the Service of Maya Laundry
Authors: Widyastuti, Hardiana
Isnindita, Nadia
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Adanya penurunan jumlah pengunjung dan penurunan omset usaha pada Maya Laundry, menyebabkan perlunya dilakukan penelitian untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan Maya Laundry, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara persepsi dan harapan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Maya laundry. Responden dalam penelitian ini adalah 90 orang yang mewakili pelanggan dari seluruh outlet Maya Laundry. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, pengolahan data dilakukan dengan Customer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan nilai CSI sebesar 88,17% yang artinya pelanggan sudah merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan namun masih dapat dilakukan peningkatan kinerja pada beberapa atribut seperti akses komunikasi yang mudah, kemampuan memahami keluhan pelanggan, serta perbaikan atas keluhan pelanggan yang merupakan prioritas utama berdasarkan analisis Importance Performance Analysis (IPA).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156546
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H24170077_75687fd9c0ca4f52ad3e247c15cd16aa.pdfCover511.03 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H24170077_ce48eae9df7141f48a0767a4a9b1a86b.pdf
  Restricted Access
Fulltext903.96 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_H24170077_dfbaf7b83ed8425190fd84b4e5a00fd5.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.