Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156085
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTanopruwito, Djoni
dc.contributor.advisorRatnawati
dc.contributor.authorSetiahardja, Yoyo
dc.date.accessioned2024-08-06T06:45:51Z
dc.date.available2024-08-06T06:45:51Z
dc.date.issued2002
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156085
dc.description.abstractSetelah terjadi krisis ekonomi dan moneter di Indonesia sejak 1997, ekonomi nasional mengalami kejatuhan, terutama di sektor riil. Namun dalam sektor pertanian, agribisnis dan agroindustri malah memperlihatkan ketahanan. Industri yang melakukan pengolahan hasil pertanian menjadi produk makanan jadi, termasuk diantara yang bertahan dan.bahkan mulai menunjukkan kenaikan dalam volume dan nilai penjualan. Pabrik Kecap Zebra adalah salah satu produsen yang mengolah hasil pertanian yaitu kedelai hitam menjadi produk makanan jadi, yaitu Kecap. Perusahaan didirikan tahun 1945, telah cukup dikenal di kota Bogar dan sekitamya, serta mempunyai konsumen yang fanatik, terutama kalangan orang tua yang sudah tinggal lama di Bogar. Proses produksi dilaksanakan melalui fermentasi murni dari kedelai hitam tanpa menggunakan bahan pengawet dalam proses fermentasinya. Daerah pemasaran hasil produksi adalah di kota dan kabupaten Bogar, Sukabumi, Pandeglang dan Jakarta. Pangsa pasar kecap Zebra cukup baik untuk penjualan kecap hasil produksi kota Bogor, yaitu 92,3 % untuk tahun 2000. Penjualan dilakukan melalui distributor, yang selama ini berjalan dengan baik. Volume penjualan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Dalam mengantisipasi meningkatnya volume penjualan, kemudian kapasitas peralatan sudah mengalami full capacity, Pabrik Kecap Zebra merencanakan untuk melakukan investasi dengan membeli tambahan peralatan untuk menambah kapasitas produksi dan memperluas bangunan untuk menempatkan peralatan tersebut. Permasalahan yang dihadapi perusahaan saat ini dapat dirumuskan : Berapa besamya investasi tambahan untuk perluasan usaha dan dalam jangka waktu berapa lama pengembalian investasi tersebut (Payback Period). Kemudia berapa nilai yang diperoleh setelah investasinya kembali (Net Present Value). ...dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Keuanganid
dc.titleAnalisis Kelayakan Investasi Perluasan Usaha Perusahaan Kecap Cap. Zebra Bogorid
dc.subject.keywordKecapid
dc.subject.keywordPabrik Kecap Zebraid
dc.subject.keywordBogorid
dc.subject.keywordManajemen Finansialid
dc.subject.keywordInvestasi Minitabid
dc.subject.keywordExcelid
dc.subject.keywordData Primaid
dc.subject.keywordKecap
dc.subject.keywordPabrik Kecap Zebra
dc.subject.keywordBogor
dc.subject.keywordmanajemen finansial
dc.subject.keywordinvestasi
dc.subject.keywordminitab
dc.subject.keywordexcel
dc.subject.keyworddata primer
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E7YSA.pdf23.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.