Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154852
Title: Preferensi Konsumen Buah Anggur terhadap Pembelian Bibit Pohon Anggur di Kebun Anggur Apih Bandung
Other Titles: Grape consumers' preferences towards purchasing vine seedlings in Kebun Anggur Apih Bandung
Authors: Mansjoer, Andri Latif Asikin
Sanjani, Nahda
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Salah satu penggiat budidaya anggur di Indonesia yaitu Kebun Anggur Apih Bandung. Namun kebun ini memiliki keterbatasan lahan dan tenaga kerja sehingga beberapa varietas tidak tersedia sesuai dengan permintaan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian bibit pohon anggur di Kebun Anggur Apih, mengidentifikasi ciri-ciri buah anggur yang sesuai dengan preferensi konsumen, menganalisis jenis varietas bibit pohon anggur yang sesuai dengan preferensi konsumen sehingga Kebun Anggur Apih dapat mengoptimalkan lahan yang terbatas dan merencanakan produksi bibit anggur sesuai dengan permintaan konsumen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut warna adalah atribut yang dianggap oleh responden paling penting. Kemudian untuk preferensi konsumen terhadap buah anggur memiliki ciri-ciri buah yang manis, bulat, juicy, segar, merah keunguan, besar dan tidak memiliki biji dan mengarah pada varietas anggur Jupiter.
Bandung's Apih Vineyard is one of Indonesia's grape cultivators. However, because this vineyard has limited space and staff, some grape varieties are unavailable in response to consumer demand. As a result, the purpose of this study is to investigate the attributes most important to consumers when deciding whether to purchase grape seedlings from Apih Vineyard, to identify grape characteristics that match consumer preferences, and to analyze the types of grapes seedling varieties that match consumer preferences so that Apih Vineyard can optimize limited land and plan grape seedling production based on consumer demand. This study used 100 respondents as samples, and the analysis methods used were descriptive analysis and conjoin analysis. The results showed that the color attribute is the most important attribute considered by respondents. Then, consumer preferences for grapes with features like sweet, round, juicy, fresh, purplish red, large, and seedless fruit led to the Jupiter grape varieties.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154852
Appears in Collections:UT - Agribusiness Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0310201111_ba0b96708c7a4fa58e985babb17d3dc0.pdfCover1.68 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0310201111_a9089ef7fe7f40fe913e28e58f47c258.pdf
  Restricted Access
Fulltext7.09 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0310201111_0118a4b7d02c4a73979bd4c96fbc0a39.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.