Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154541
Title: Modal dan Strategi Nafkah Pedagang Pasar Sawo Kota Jakarta Timur
Other Titles: Capital and Livelihood Strategies of Pasar Sawo Traders in East Jakarta
Authors: Indriana, Hana
Pusparani, Mayang Dwi
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Pedagang di pasar tradisional masih sering menghadapi berbagai kendala, salah satunya adalah keterbatasan lahan untuk berdagang. Terdapat perbedaan ketersediaan modal nafkah antara pedagang di Pasar Sawo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepemilikan modal nafkah dan keragaman strategi nafkah pada pedagang Pasar Sawo di Kelurahan Cipinang Cempedak, serta untuk menganalisis hubungan antara kepemilikan modal nafkah dan keragaman strategi nafkah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner dan data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara mendalam. Responden dipilih secara sengaja (purposive). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pedagang di Pasar Sawo memiliki tingkat kepemilikan modal nafkah yang rendah, sementara tingkat keragaman strategi nafkah yang diterapkan oleh pedagang di Pasar Sawo cukup bervariasi, dengan menerapkan strategi intensifikasi dan diversifikasi dalam upaya meningkatkan pendapatan mereka. Terdapat hubungan signifikan antara kepemilikan modal nafkah dan keragaman strategi nafkah yang diterapkan oleh pedagang Pasar Sawo.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154541
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_I34170103_08a21d76f62449358b3d3ab7fad2ca41.pdfCover766.04 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_I34170103_e3cc04ad42994536a40ab3b939fa5935.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.76 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_I34170103_7bd877619e3447398c6c7b773b2fc076.pdf
  Restricted Access
Lampiran811.98 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.