Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154536
Title: Perumusan Strategi PT Herbani Medika Nusantara
Other Titles: Formulating Strategies for PT Herbani Medika Nusantara
Authors: Ma'arif, Mohamad Syamsul
Palupiningrum, Agustina Widi
Fadhlurahman, Nafi
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Dalam satu tahun terakhir, PT Herbani Medika Nusantara mengalami penurunan penjualan produk meskipun pasar sabun diprediksi terus bertumbuh. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi bisnis untuk PT Herbani, menggunakan analisis matriks IFE- EFE, matriks IE, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan kekuatan utama perusahaan adalah kemampuan karyawan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas produk, sementara kelemahan utamanya adalah belum adanya penilaian dan pengelolaan risiko operasional. Peluang utama yang dimiliki PT HMN adalah kesempatan untuk eksplorasi dan riset pengembangan variasi produk, serta preferensi konsumen yang terbuka terhadap berbagai merek dan produk pembersih. Ancaman utama yang dihadapi adalah strategi promosi agresif dan berbiaya tinggi dari kompetitor. Matriks IE menyarankan perusahaan untuk melakukan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Analisis SWOT menghasilkan enam strategi alternatif, dengan prioritas pada optimalisasi sumber daya dan penguatan jejaring.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154536
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_K1401201144_3fe9aaf9fd9847f7a084d35e9f0d2dba.pdfCover996.7 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_K1401201144_834047a2fb554fa7b291dbc2f1679ea6.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.67 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_K1401201144_29584079f37946a88d773f2a7e1c0147.pdf
  Restricted Access
Lampiran900.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.