Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151894
Title: Pemodelan Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Menggunakan Integer Linear Programming: Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Bogor
Authors: Ilyas, Muhammad
Hanum, Farida
Laksono, Danang Kalistyo
Issue Date: 2015
Publisher: IPB University
Abstract: Bimbingan belajar Ganesha Operation Bogor menghadapi masalah setiap semester dalam membuat penjadwalan kegiatan belajar mengajar. Permasalahan ini dapat dimodelkan sebagai masalah Integer Linear Programming (ILP) yaitu masalah optimasi dengan fungsi objektif dan kendala yang linear serta variabel integer. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model matematika masalah penjadwalan kegiatan belajar mengajar di Ganesha Operation Bogor ke dalam bentuk ILP dan menentukan penjadwalan terbaik dalam satu semester. Fungsi objektif dari permasalahan ini ialah memaksimumkan banyak pertemuan setiap mata pelajaran dalam satu semester. Kendala dari pemodelan meliputi kapasitas ruang belajar, waktu luang siswa, pengajar dan kendala gedung yang digunakan. Setiap minggu kelompok belajar memunyai jadwal mata pelajaran yang berbeda, serta pengajar yang tidak selalu sama dalam setiap pertemuan untuk mata pelajaran yang sama. Dari proses software LINGO 11.0, nilai total fungsi objektif sebesar 1088 yang menunjukkan bahwa banyaknya penjadwalan maksimum ada 1088 jadwal, sesuai dengan yang diinginkan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151894
Appears in Collections:UT - Mathematics

Files in This Item:
File SizeFormat 
G15dkl.pdf
  Restricted Access
1.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.