Pemodelan Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Menggunakan Integer Linear Programming: Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Bogor
View/ Open
Date
2015Author
Laksono, Danang Kalistyo
Ilyas, Muhammad
Hanum, Farida
Metadata
Show full item recordAbstract
Bimbingan belajar Ganesha Operation Bogor menghadapi masalah setiap
semester dalam membuat penjadwalan kegiatan belajar mengajar. Permasalahan
ini dapat dimodelkan sebagai masalah Integer Linear Programming (ILP) yaitu
masalah optimasi dengan fungsi objektif dan kendala yang linear serta variabel
integer. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model matematika masalah
penjadwalan kegiatan belajar mengajar di Ganesha Operation Bogor ke dalam
bentuk ILP dan menentukan penjadwalan terbaik dalam satu semester. Fungsi
objektif dari permasalahan ini ialah memaksimumkan banyak pertemuan setiap
mata pelajaran dalam satu semester. Kendala dari pemodelan meliputi kapasitas
ruang belajar, waktu luang siswa, pengajar dan kendala gedung yang digunakan.
Setiap minggu kelompok belajar memunyai jadwal mata pelajaran yang berbeda,
serta pengajar yang tidak selalu sama dalam setiap pertemuan untuk mata
pelajaran yang sama. Dari proses software LINGO 11.0, nilai total fungsi objektif
sebesar 1088 yang menunjukkan bahwa banyaknya penjadwalan maksimum ada
1088 jadwal, sesuai dengan yang diinginkan.
Collections
- UT - Mathematics [1395]