Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150826
Title: Analisis pemasaran bawang putih : studi kasus desa Alamendah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat
Authors: Limbong, W.H.
Binawan, Heru
Issue Date: 1990
Publisher: IPB University
Abstract: Bawang putih sebagai komoditas pertanian tanaman pangan mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dan sangat lekat dengan lidah orang Indonesia terutama di digunakan sebagai bahan penyedap makanan atau bumbu masak dan ramuan obat-obatan. Konsumsi bawang putih di Indone- sia menunjukkan trend yang menaik dari tahun ke tahun, selama ini untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dilaku- kan melalui produksi lokal dan impor. Keadaan produkti- fitas yang rendah di tingkat petani memaksa pemerintah tetap membuka kran impor sampai sekarang. Oleh karena itu pemerintah, dalam hal ini Departemen Pertanian sejak tahun anggaran 1982/1983 mencanangkan program peningkatan produksi melalui intensifikasi dan ekstensifikasi. Hal lain yang penting, berkaitan dengan upaya peningkatan produksi bawang putih dalam negeri adalah pengembangan sektor pemasarannya. Sistem pemasa- ran yang efisien akan mampu menyalurkan komoditas dari petani ke konsumen dengan harga yang layak bagi petani maupun konsumen. Yang pada gilirannya akan menggairahkan petani berproduksi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150826
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A90HBI.pdf
  Restricted Access
16.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.