Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/144720
Title: Analisis efektivitas keragaan spot iklan terhadap daya ingat pemirsa
Authors: Sumantri, Bambang
Wiseno, Satrio
Ariestanty, Ernita
Issue Date: 1992
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan menjajagi penelitian survei untuk mengetahui teknis pengambilan data dan kendala yang dihadapi di lapang, serta menganalisis respon pemirsa terhadap spot iklan yang ditayangkan melalui media televisi, sekaligus melihat efektivitas spot iklan ter- sebut. Data daya ingat pemirsa diperoleh dengan cara wawancara melalui telepon dan tatap muka, sedangkan data karakteristik iklan dalam suatu acara diperoleh dari monitoring acara. Jika kedua data tersebut digabungkan dan ditambah dengan data monitoring iklan selama 4 bulan akan menghasilkan data yang menggambarkan kondisi suatu iklan dan kaitannya de- ngan efektivitas iklan yang bersangkutan. Hasil menarik dari penelitian, yang mungkin akan dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut antara lain terdapatnya kecenderungan pemirsa lebih banyak mengingat iklan yang: (1) diletakkan pada urutan pertama dari tiap jeda iklan, (2) mempunyai frekuensi lebih dari satu kali pada tiap acara, (3) baru ditayangkan atau (4) baru ditayangkan setelah beberapa waktu tidak ditayangkan (break). Diperoleh dugaan bahwa rata-rata seorang pemirsa mam- pu mengingat 3 buah iklan dengan benar dari 22 iklan yang ditayangkan pada tiap acara.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/144720
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G92EAR.pdf
  Restricted Access
2.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.