Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141307
Title: Analisis nilai tambah pengolahan dan pemasaran susu sapi perah : Studi kasus di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan Bogor
Authors: Fariyanti, Anna
Anam, Khoirul
Issue Date: 1996
Publisher: IPB University
Abstract: Di bidang persusuan pemerintah berkeinginan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap susu sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap susu impor. Untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan usaha peternakan sapi perah, peternak dianjurkan untuk berhimpun dalam wadah koperasi. Dengan koperasi ini diharapkan dapat mengembangkan daya tawar menawar dan penguasaan informasi oleh peternak, mengurangi resiko fisik dan biaya pemasaran serta menyediakan, menyalurkan dan melayani kebutuhan peternak terhadap input produksi dan teknologi. Koperasi diharapkan dapat melakukan seluruh upaya meningkatkan pro- duksi susu para peternak yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan. Dalam pemasaran, koperasi susu berperan untuk menyalurkan susu segar dari peternak anggota kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui keragaan koperasi yang mencakup proses pengolahan dan pemasaran susu dingin dan pasteurisasi, (2) Menganalisis nilai tambah pengolahan susu pasteurisasi oleh koperasi, dan (3) Menganalisis usaha pemasaran susu dingin dan pasteurisasi oleh koperasi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141307
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A96kan.pdf
  Restricted Access
15.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.