Analisis nilai tambah pengolahan dan pemasaran susu sapi perah : Studi kasus di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan Bogor
Abstract
Di bidang persusuan pemerintah berkeinginan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap susu sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap susu impor.
Untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan usaha peternakan sapi perah, peternak dianjurkan untuk berhimpun dalam wadah koperasi. Dengan koperasi ini diharapkan dapat mengembangkan daya tawar menawar dan penguasaan informasi oleh peternak, mengurangi resiko fisik dan biaya pemasaran serta menyediakan, menyalurkan dan melayani kebutuhan peternak terhadap input produksi dan teknologi. Koperasi diharapkan dapat melakukan seluruh upaya meningkatkan pro- duksi susu para peternak yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan. Dalam pemasaran, koperasi susu berperan untuk menyalurkan susu segar dari peternak anggota kepada konsumen.
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui keragaan koperasi yang mencakup proses pengolahan dan pemasaran susu dingin dan pasteurisasi, (2) Menganalisis nilai tambah pengolahan susu pasteurisasi oleh koperasi, dan (3) Menganalisis usaha pemasaran susu dingin dan pasteurisasi oleh koperasi.