Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134600
Title: Ketahanan Penetrasi Tanah sebagai akibat Perlakuan Tanaman Vetiver (Chrysopogon zizanioides L.) dan Orok-Orok (Crotalaria juncea L.)
Other Titles: Soil Penetration Resistance as an Effect of The Treatment of Vetiver (Chrysopogon zizanioides L.) and Sun Hemp (Crotalaria juncea L.)
Authors: Purwakusuma, Wahyu
Yusuf, Sri Malahayati
Aryagina, Winda Aqnar
Issue Date: 7-Dec-2023
Publisher: IPB University
Abstract: Ketahanan penetrasi tanah merupakan refleksi mudah tidaknya tanah ditembus oleh akar tanaman. Ketahanan tanah terhadap penetrasi dipengaruhi oleh sifat fisik dan sifat kimia tanah seperti kandungan air di dalam tanah, bahan organik tanah, kepadatan tanah serta tekstur tanah. Penelitian mengenai ketahanan penetrasi tanah serta keterkaitannya dengan sifat-sifat tanah dan perakaran tanaman telah dilakukan pada skala rumah kaca menggunakan Rancangan Acak Lengkap faktorial dengan dua faktor, yaitu jenis tanah dan jenis tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat-sifat tanah yang mempengaruhi ketahanan penetrasi diantaranya adalah tekstur tanah dan bobot isi. Tanah yang ditanami vetiver memiliki nilai ketahanan penetrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanah yang ditanami orok-orok. Kontrol memiliki rataan nilai ketahanan penetrasi paling tinggi yaitu 299,17 Pa. Semakin tinggi bobot isi maka semakin besar pula ketahanan penetrasi tanah. Latosol memiliki rataan nilai ketahanan penetrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Regosol. Latosol memiliki tekstur yang didominasi oleh fraksi klei sehingga memiliki pori mikro lebih tinggi dan ketahanan penetrasi lebih besar. Vetiver pada Regosol mempunyai bobot kering akar paling tinggi. Semakin panjang akar, semakin tinggi bobot kering akar dan akan semakin besar ketahanan penetrasi tanahnya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134600
Appears in Collections:UT - Soil Science and Land Resources

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Winda Aqnar Aryagina (A14170064).pdf
  Restricted Access
Cover1.97 MBAdobe PDFView/Open
Fulltext_Winda Aqnar Aryagina (A14170064).pdf
  Restricted Access
Full Text2.58 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Winda Aqnar Aryagina (A14170064).pdf
  Restricted Access
Lampiran376.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.