Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133843
Title: Analisis strategi pemasaran komoditi tomat recento hidroponik pada PT. Rejo Sari Bumi Unit Ciawi-Bogor, Jawa Barat
Authors: Harmini
Suryatini, Luh
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia memiliki sumberdaya alam berupa lahan dengan kondisi agroklimat yang cukup potensial. Melihat adanya peluang pada usaha pertanian, saat ini telah banyak perusahaan-perusahaan bergerak di bidang hortikultura hidroponik, terutama di daerah Jawa Barat. Salah satunya adalah PT. Rejo Sari Bumi dengan komoditas andalannya adalah tomat Recento hidroponik. Akan tetapi terjadinya krisis moneter yang menerpa Indonesia, menyebabkan PT. Rejo Sari Bumi mengalami beberapa masalah yang mengakibatkan penurunan laba perusahaan dari komoditas tomat. Penyebabnya adalah adanya masalah eksternal yang sulit bahkan tidak mungkin untuk dikontrol oleh perusahaan, antara lain harga bibit dan pupuk tomat Recento hidroponik yang digunakan PT. Rejo Sari Bumi sangat tergantung dengan nilai dolar Amerika serta adanya persaingan yang semakin kompetitif dalam industri ini. Perubahan faktor eksternal PT. Rejo Sari Bumi yang berasal dari iklim bisnis yang senantiasa berubah mengakibatkan perubahan pula pada faktor internal yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini mengakibatkan PT. Rejo Sari Bumi memerlukan suatu strategi pemasaran yang sesuai sehingga mampu untuk meningkatkan kembali laba yang diperoleh. Mengingat tomat menjadi komoditas andalan, dimana 65 persen luas lahan greenhouse ditanami tomat. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133843
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A04lsu.pdf
  Restricted Access
31.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.