Analisis strategi pemasaran komoditi tomat recento hidroponik pada PT. Rejo Sari Bumi Unit Ciawi-Bogor, Jawa Barat
Abstract
Indonesia memiliki sumberdaya alam berupa lahan dengan kondisi
agroklimat yang cukup potensial. Melihat adanya peluang pada usaha pertanian,
saat ini telah banyak perusahaan-perusahaan bergerak di bidang hortikultura
hidroponik, terutama di daerah Jawa Barat. Salah satunya adalah PT. Rejo Sari
Bumi dengan komoditas andalannya adalah tomat Recento hidroponik. Akan
tetapi terjadinya krisis moneter yang menerpa Indonesia, menyebabkan PT. Rejo
Sari Bumi mengalami beberapa masalah yang mengakibatkan penurunan laba
perusahaan dari komoditas tomat. Penyebabnya adalah adanya masalah eksternal
yang sulit bahkan tidak mungkin untuk dikontrol oleh perusahaan, antara lain
harga bibit dan pupuk tomat Recento hidroponik yang digunakan PT. Rejo Sari
Bumi sangat tergantung dengan nilai dolar Amerika serta adanya persaingan yang
semakin kompetitif dalam industri ini. Perubahan faktor eksternal PT. Rejo Sari
Bumi yang berasal dari iklim bisnis yang senantiasa berubah mengakibatkan
perubahan pula pada faktor internal yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini
mengakibatkan PT. Rejo Sari Bumi memerlukan suatu strategi pemasaran yang
sesuai sehingga mampu untuk meningkatkan kembali laba yang diperoleh.
Mengingat tomat menjadi komoditas andalan, dimana 65 persen luas lahan
greenhouse ditanami tomat. ...