Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131640
Title: Pendugaan Umur Simpan Konsentrat Protein Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dan Mi Sagu Ikan Kering dengan Metode Akselerasi.
Other Titles: The Estimation Shelf-life of Fish Protein Concentrate (Oreochromis niloticus) and Dried Fish Sago Noodle Using Accelerated Method
Authors: Trilaksani, Wini
Santoso, Joko
Sari, Novita
Issue Date: 2015
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Salah satu upaya dalam penjaminan mutu keamanan pangan adalah dengan mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasan pangan. Tanggal kadaluarsa bersifat wajib mengingat tuntutan dari peraturan labeling dan kepentingan bagi konsumen. Waktu kadaluarsa produk pangan dapat ditentukan melalui uji pendugaan umur simpan. Salah satunya menggunakan metode akselerasi dengan pendekatan kadar air kritis untuk produk kering. Penelitian ini bertujuan memprediksi umur simpan dan pemilihan kemasan yang tepat untuk produk pangan. Pendugaan umur simpan ini dilakukan pada produk konsentrat protein ikan nila (tipe A) dan mi sagu ikan kering. Perhitungan umur simpan menggunakan persamaan Labuza. Kurva sorpsi isotermis dari konsentrat protein ikan nila and mi sagu ikan kering digambarkan oleh model Handerson dan model Hasley. Konsentrat protein ikan nila paling baik dikemas dengan menggunakan retort pouch dan disimpan pada RH 70% yang mencapai umur simpan selama 133 hari, sedangkan mi sagu ikan kering paling baik dikemas dengan plastik HDPE dan disimpan pada RH 70% dengan umur simpan selama 225 hari.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131640
Appears in Collections:UT - Aquatic Product Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
C15nsa1.pdf
  Restricted Access
fulltext15.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.