Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130189
Title: Analisis hubungan promosi terhadap perpindahan merek kopi kemasan
Authors: Jamaran, Irawadi
Budiman, Veronica Lusi
Issue Date: 2010
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Promosi merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Industri kopi GS berdiri pada tahun 2008 dan pemasarannya sudah menyebar di Jakarta, Jawa Barat, Denpasar, Sumatera dan Lombok. Industri kopi merupakan industri yang banyak berkembang di Indonesia sehingga menyebabkan persaingan antara industri kopi semakin ketat. Maka dari itu penting mengetahui hubungan antara promosi dengan perpindahan merek agar perusahaan dapat mengetahui promosi yang tepat dan berdampak baik terhadap perpindahan merek dari merek lain (ABC, Torabika, Kapal Api, Liong Bulan, dan Oplet) dan terhadap pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan promosi terhadap perpindahan merek (brand switching) kopi kemasan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan pihak perusahaan dan penyebaran kuesioner. Data sekunder diperoleh dari data perusahaan, yaitu biaya promosi dan tingkat penjualan. Metode dari penelitian ini adalah pengolahan data menggunakan SPSS 17, Lisrel, dan Microsoft Excel. Pengolahan data mencakup analisis deskriptif, analisis dengan Structural Equation Modelling, dan Brand Switching Pattern Matrix. Menurut hasil analisa deskriptif, GS masih tergolong kedalam unware brand dan merupakan tantangan tersendiri untuk GS dalam mengkomunikasikan produknya dengan strategi promosi yang tepat. Konsumen GS belum memiliki loyalitas tinggi, sehingga kemungkinan untuk berpindah merek ke merek lain masih sangat tinggi. Hubungan antara promosi dengan perpindahan merek hanya memiliki sedikit pengaruh, diperlihatkan dari nilai t-hitung 1.22 < 1.96 (t-tabel) tetapi masih bernilai positif. Sedikitnya pengaruh promosi terhadap perpindahan merek disebabkan karena promosi yang dilakukan GS dengan tujuan mengkomunikasikan produk kurang gencar dan frekuensi promosi yang sedikit. Atribut promosi yang berpengaruh tinggi adalah pemberian hadiah kepada konsumen dengan nilai sebesar 13.31 dan atribut perpindahan merek yang berpengaruh tinggi adalah pengaruh rasa dengan nilai 13.38, ini sesuai dengan analisis deskriptif yaitu konsumen akan berpindah merek jika rasa sesuai dengan selera. Menurut analisis deskriptif promosi yang berkenan di masyarakat adalah pemberian potongan harga dengan sumber informasi yang paling diminati televisi dan kesan terhadap merek GS adalah dari bintang iklannya. Dari analisis brand switching pattern matrix pangsa pasar GS akan meningkat selama tiga tahun kedepan, hal ini merupakan peluang besar untuk GS. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan promosi yang gencar dari GS. Saran untuk GS dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya lebih gencar dalam mengadakan promosi terutama penyebaran informasi pada pasar tradisional Veronica Lusi Budiman. F34061125. Relationship Analysis Between Promotion and Brand Switching of Packaging Coffee. Case Study at PT. Gasandry, Bogor. Under the guidance of Irawadi Jamaran. 2010
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130189
Appears in Collections:UT - Agro-Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F10vlb.pdf
  Restricted Access
Fulltext960.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.