Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129923
Title: Analisis Perilaku Konsumen Dan Product Positioning Kecap Manis ABC Di Kota Bogor
Authors: Kusnadi, Nunung
Khaerani, Resmita
Issue Date: 2005
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Kecap merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh industri yang bergerak dalam agroindustri hilir, yaitu industri pengolahan kecap. Jumlah penduduk Indonesia yang pada tahun 2002 mencapai 214.374.096 jiwa merupakan peluang dan potensi pasar yang besar bagi industri kecap. Jumlah penduduk yang besar ini mendorong terjadinya permintaan kecap yang semakin meningkat dah merupakan pendorong bagi industry kecap dapat memenuhi permintaan konsumen tersebut sehingga kuantitas produksi kecap semakin meningkat setiap tahunnya. Seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi kecap di Indonesia, saat ini pabrik kecap di Indonesia tersebar hampir di seluruh kota baik dalam skala sedang maupun skala besar. Sampai saat ini pabrik kecap di Indonesia yang berskala sedang berjumlah 70 buah dan sembilan buah berskala besar. Semakin tingginya persaingan dalam industri kecap membuat P.T. Heinz ABC Indonesia sebagai perusahaan kecap terbesar hams dapat mempertahankan posisi pangsa pasamya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yaitu melalui wawancara dengan manajer produk kecap ABC maka dapat diketahui bahwa kemuncutan berbagai merek kecap terutama kecap bango yang saat ini dipegang P. T. Unilever Tbk. dan telah dipasarkan secara nasional mengakibatkan terjadinya pergeseran pilihan konsumen dari kecap manis ABC ke kecap Bango. Untuk_ mempertahankan posisi pangsa pasamya tersebut maka perusahaan hams dapat meningkatkan daya saing produknya dengan memperhatikan keinginan konsumen yang mengkonsumsi produknya. Oleh karena itu, perusahaan perlu untuk melakukan suatu riset mengenai perilaku konsumen. Selain itu, untuk dapat merebut kembali perhatian konsumen yang mulai teralih tersebut, perusahaan perlu untuk mengetahui bagairnana posisi kecap manis ABC jika dibandingkan dengan kecap rnerek pesaing di rnata konsumen. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik konsumen kecap manis ABC, (2) Menganalisis tahapan proses keputusan pembelian kecap manis ABC, (3) Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan pergeseran pilihan konsumen dari kecap manis ABC ke kecap Bango, dan (4) Menganalisis positioning kecap manis ABC terhadap kecap merek pesaing…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129923
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A05rkh.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.