Analisis Perilaku Konsumen Dan Product Positioning Kecap Manis ABC Di Kota Bogor
Abstract
Kecap merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh industri yang bergerak
dalam agroindustri hilir, yaitu industri pengolahan kecap. Jumlah penduduk Indonesia
yang pada tahun 2002 mencapai 214.374.096 jiwa merupakan peluang dan potensi pasar yang besar bagi industri kecap. Jumlah penduduk yang besar ini mendorong terjadinya permintaan kecap yang semakin meningkat dah merupakan pendorong bagi industry kecap dapat memenuhi permintaan konsumen tersebut sehingga kuantitas produksi kecap semakin meningkat setiap tahunnya. Seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi kecap di Indonesia, saat ini pabrik kecap di Indonesia tersebar hampir di seluruh kota baik dalam skala sedang maupun skala besar.
Sampai saat ini pabrik kecap di Indonesia yang berskala sedang berjumlah 70 buah dan sembilan buah berskala besar.
Semakin tingginya persaingan dalam industri kecap membuat P.T. Heinz ABC
Indonesia sebagai perusahaan kecap terbesar hams dapat mempertahankan posisi
pangsa pasamya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yaitu melalui wawancara dengan
manajer produk kecap ABC maka dapat diketahui bahwa kemuncutan berbagai merek
kecap terutama kecap bango yang saat ini dipegang P. T. Unilever Tbk. dan telah
dipasarkan secara nasional mengakibatkan terjadinya pergeseran pilihan konsumen dari
kecap manis ABC ke kecap Bango.
Untuk_ mempertahankan posisi pangsa pasamya tersebut maka perusahaan hams
dapat meningkatkan daya saing produknya dengan memperhatikan keinginan konsumen
yang mengkonsumsi produknya. Oleh karena itu, perusahaan perlu untuk melakukan
suatu riset mengenai perilaku konsumen. Selain itu, untuk dapat merebut kembali
perhatian konsumen yang mulai teralih tersebut, perusahaan perlu untuk mengetahui
bagairnana posisi kecap manis ABC jika dibandingkan dengan kecap rnerek pesaing di
rnata konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik konsumen kecap
manis ABC, (2) Menganalisis tahapan proses keputusan pembelian kecap manis ABC,
(3) Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan pergeseran pilihan konsumen dari
kecap manis ABC ke kecap Bango, dan (4) Menganalisis positioning kecap manis ABC
terhadap kecap merek pesaing…dst
Collections
- UT - Agribusiness [4530]