Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129810
Title: Pengaruh keadaan sosial ekonomi keluarga pola belajar dan hubungan sosial terhadap prestasi belajar siswa di SMU Negeri 2 Kotamadya Bogor
Authors: Madanijah, Siti
Karyadi, Lies D.
Hidayati, Enny
Issue Date: 1998
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui pengaruh keadaan sosial ekonomi keluarga, pola belajar dan hubungan sosial terhadap prestasi belajar siswa SMU. Tujuan khususnya, adalah mengetahui pengaruh keadaan sosial ekonomi keluarga (tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua, jumlah tanggungan orang tua, kondisi rumah dan ruang belajar serta sarana dan perlengkapan belajar), status gizi, motivasi belajar serta hubungan sosial (hubungan siswa dengan orang tua, teman dan guru) terhadap pola belajar; mengetahui perbedaan keadaan sosial ekonomi keluarga, status gizi, pola belajar, motivasi belajar serta hubungan sosial dari siswa berprestasi tinggi dan siswa berprestasi kurang; mengetahui pengaruh keadaan sosial ekonomi keluarga, status gizi, pola belajar, motivasi belajar serta hubungan sosial terhadap prestasi belajar s1swa. Penelitian dilakukan di SMU Negeri 2 Bogor, Kotamadya Bogor. Penelitian dilakukan pada bulan November sampai Desember I 997. Contoh sekolah dipilih dengan cara sengaja (pwposive). Selanjutnya kerangka samplingnya yaitu siswa kelas tiga laki-laki dan perempuan dan tinggal bersama orang tua. Ada dua kelompok contoh, kelompok pertama merupakan siswa berprestasi tinggi (BT), yaitu selalu menduduki rangking 10 teratas kelas setiap catur wulan pada kelas 1 dan kelas 2 dan kelompok kedua merupakan siswa berprestasi kurang (BK), yaitu selalu menduduki I0 rangking terendah kelas setiap caturwulan pada kelas 1 dan kelas 2. Dari anggota populasi siswa kedua kelompok kemudian diambil secara acak masing-masing sebanyak 30 siswa. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer meliputi identitas contoh, keadaan sosial ekonomi keluarga (tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua, jumlah tanggungan orang tua, kondisi rumah dan ruang belajar serta sarana dan perlengkapan belajar), status gizi, pola belajar, motivasi belajar serta hubungan sosial (hubungan siswa dengan orang tua, teman dan guru). Data primer diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner, status gizi diperoleh melalui pengukuran berat badan (BB) dan tinggi badan (TB). Data sekunder meliputi data prestasi belajar (nilai raport setiap catur wulan pada kelas 1 dan kelas 2), keadaan umum, sarana dan prasarana sekolah diperoleh melalui catatan sekolah. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan statistik menggunakan uji beda Kniskal Wallis (Steel & Torrie, 1992) serta analisis regresi berganda (Daniel, 1989).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129810
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A98EHI.pdf
  Restricted Access
Fullteks2.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.