Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127611
Title: Persepsi dan Perilaku Membeli Susu Bendera Oleh Konsumen Setelah Pergantian Logo lklan
Authors: Saleh, Amiruddin
Matindas, Krishnarini
Sasmita, Hari Otang
Issue Date: 2005
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Merek dalam sebuah industri rnemegang peranan penting, termasuk pada industri peternakan dan hasil olahannya. Logo merupakan bagian dari rancangan atau kornbinasi nama, merek, istilah, tanda dan simbol bertujuan untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang dihasilkan sehingga berbeda dari produk yang dihasilkan oleh pesaing. Perubahan logo dilakukan oleh PT Frisian Flag Indonesia terhadap produknya, pergantian ini tentunya akan menyebabkan ek'l..litas merek menjadi berubah pula dan berakibat pada persepsi konsumen terhadap produk atau jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen tentang iklan perubahan logo susu bendera, persepsi kualitas merek susu bendera, perilaku membeli dan hubungan persepsi dengan keputusan. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Data diambil dengan judgment sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, selama 1,5 bulan dari 7 Juli hingga 23 Agustus 2004 pada I00 pengunjung Hero Supermarket Bogar. Persepsi konsumen terhadap iklan perubahan logo susu Bendera umumnya baik, hal ini bera11i iklan perubahan logo tersebut memiliki citra yang baik di mata konsumen. Demikian pula dengan persepsi konsumen terhadap merek susu Bendera akibat perubahan logo cenderung baik, ha! ini berarti merek susu Bendera memiliki citra yang baik di mata konsumen. Perilaku membeli konsumen setelah perubahan logo menunjukkan reaksi positif terhadap perubahan logo. Variabel persepsi responden akan iklan perubahan logo susu Bendera yang berhubungan nyata dengan keputusan membeli, adalah ( 1) kejelasan iklan dalam mernaparkan pesannya, (2) visualisasi iklan bagus dan menarik, (3) jingle iklan bagus dan mena1ik. Satu variabel berhubungan sangat nyata dengan keputusan pembelian yaitu iklan perubahan logo susu Bendera mendorong untuk membeli. Dalam persepsi responden tentang merek akibat pergantian logo baru, terdapat dua atribut yang berhubungan nyata dengan keputusan membeli, yaitu jenis huruf dan harga.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127611
Appears in Collections:UT - Technology of Cattle Products

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
D05hos.pdf
  Restricted Access
Fulltext23.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.