Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127422
Title: Willingness to Pay Masyarakat terhadap Penyediaan Air Bersih PDAM (Kasus di Desa Babakan Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor).
Other Titles: Willingness to Pay of People toward PDAM Hygienic Water Supply (Case in Babakan Village, Sub district of Dramaga, Regency of Bogor).
Authors: Firdaus, Muhammad
Mardianita, Nurhalimah
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Desa Babakan merupakan pemukiman yang sebagian besar masyarakatnya masih mengandalkan air sumur atau air tanah sebagai sumber kebutuhan air sehariharinya. Permasalahan sumber daya air yang terjadi adalah kekeringan akibat penurunan debit air dan adanya resiko pencemaran air tanah. Pemerintah menyediakan PDAM sebagai sarana air bersih yang dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan air dengan kualitas air yang terjamin. Penelitian ini menganalisis karakteristik masyarakat Desa Babakan, Willingness to Pay (WTP), beserta faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan masyarakat membayar air bersih PDAM. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, Contingent Valuation Method (CVM) dan metode regresi logistik. Hasil WTP dengan menggunakan dichotomous choice CVM diperoleh sebesar Rp 4 545/m3. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat membayar air bersih adalah jumlah tanggungan keluarga, jarak sumur dengan septic tank, bid, dummy pengetahuan kualitas air, dummy sakit, dummy konsumsi air minum dalam kemasan, pendapatan, dan jumlah penggunaan air.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127422
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16nma.pdf
  Restricted Access
Full Text19.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.