Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127165
Title: Pemenuhan fungsi instrumental dan ekspresif orangtua serta tingkat stres pada remaja dengan perbedaan latar belakang pendidikan prasekolah
Authors: Hastuti, Dwi
Alfiasari
Widyanti, Lia
Issue Date: 2010
Publisher: IPB Universty
Abstract: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan fungsi instrumental dan ekspresif orangtua dengan tingkat kerentanan stres yang dialami oleh remaja dengan latar belakang pendidikan prasekolah Semai Benih Bangsa (SBB) yang didirikan oleh Indonesia Heritage Foundation (IHF) dan TK dan kelompok yang tidak memiliki latar belakang pendidikan prasekolah. Secara khusus, penelitian ini bertujuan : (1) menganalisis perbedaan pemenuhan fungsi instrumental dan ekspresif orangtua terhadap remaja yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan prasekolah (kelompok SBB, TK, dan non TK), (2) menganalisis tingkat kerentanan stres yang dialami oleh remaja yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan prasekolah (kelompok SBB, TK, dan non TK), (3) menganalisis hubungan karakteristik remaja dan keluarga dengan pemenuhan fungsi insterumental dan ekspresif, (4) menganalisis hubungan karakteristik remaja dan keluarga dengan tingkat kerentanan stres, (5) mengidentifikasi hubungan fungsi instrumental dan ekspresif dan tingkat kerentanan stres. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional study. Pemilihan wilayah dilakukan secara purposive dan dilakukan di Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor dan Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Waktu pengumpulan data dilaksanakan mulai Februari sampai Maret 2010. Contoh berasal dari penelitian terdahulu yang dilakukan Hastuti (2006) dengan total contoh sebanyak 356. Kemudian dari 356 contoh dipilih 236 orang anak di Desa Sukamulya dan Desa Situ Udik dengan jumlah masing-masing, yaitu 116 dan 120 anak. Berdasarkan kriteria usia remaja, yaitu berada pada selang usia remaja terpilih contoh sebanyak 119 orang. Contoh yang berhasil ditemui dan diwawancarai serta berada pada kategori usia 11 sampai 15 tahun adalah sebanyak 91 orang. Contoh yang diperoleh terdiri dari 30 orang dari kelompok SBB, 31 orang dari kelompok TK, dan 30 orang dari kelompok non TK. Data primer meliputi identitas pribadi, karakteristik sosial ekonomi keluarga, pemenuhan fungsi instrumental orangtua (pemenuhan fasilitas bermain, stimuli akademik, dan alokasi sumberdaya materi untuk kegiatan ekstrakurikuler), pemenuhan fungsi ekspresif (pola pengasuhan self discipline, excellence, caring, trust, sosial dan emosi) yang dimodifikasi dari Mafriana (2003), serta tingkat kerentanan stres. Data sekunder diambil dari gambaran umum monografi desa/kelurahan, serta tingkat pendidikan dan sosial ekonomi yang diperoleh dari kantor desa/kelurahan yang meliputi sarana dan prasarana wilayah dan fasilitas pendidikan. Data primer yang diperoleh selanjutnya diolah melalui proses editing, coding, scoring, entry, cleaning data, dan analisis data. Data primer dianalisis secara statistik dan deskriptif (uji beda One-Way-Anova, uji beda Kruskal-Wallis, uji korelasi Spearman, dan uji chisquare) dengan menggunakan komputer program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) for Windows versi 16.0 dan Microsoft Excell 2007.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127165
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I10lwi.pdf
  Restricted Access
Fulltext647.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.