Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126502
Title: Hubungan iklan kecantikan dalam televisi dengan stereotip gender dan pilihan kerja kaum muda pedesaan
Other Titles: Hubungan iklan kecantikan dalam televisi dengan stereotip gender dan pilihan kerja kaum muda pedesaan
Authors: Sumarti, Titik
Siwi, Mahmudi
Keliat, Ranita Suwandani
Issue Date: 2015
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Tayangan iklan produk kecantikan dalam televisi merupakan salah satu media yang bukan hanya berfungsi untuk mempromosikan produk tetapi juga menyebarluaskan ideologi baru mengenai gaya dan konsep kecantikan. Selain konsep kecantikan, iklan tersebut seolah memperkuat dan membentuk stereotip gender serta gaya hidup di kalangan kaum muda pedesaan. Tayangan iklan dalam televisi telah menjauhkan minat kaum muda untuk bekerja di sektor pertanian melalui gaya hidup yang tercermin pada iklan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan tingkat iklan di televisi dengan gaya hidup, stereotip gender, dan pilihan kerja kaum muda. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis hubungan iklan kecantikan dengan stereotip gender dan pilihan kerja kaum muda yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang didukung oleh data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara iklan kecantikan dalam televisi dengan tingkat alokasi pengeluaran untuk kecantikan kaum muda pedesaan. Harga produk kecantikan yang dibeli oleh kaum muda pedesaan pada umumnya produk dengan harga yang tidak mahal, disesuaikan dengan daya beli mereka. Namun, terdapat hubungan antara iklan kecantikan dalam televisi dengan persepsi stereotip gender pada kaum muda pedesaan. Tayangan iklan televisi berhasil menunjukkan tubuh perempuan dan laki-laki sebagai suatu simbol sehingga terbentuk citra tertentu bagi perempuan dan laki-laki. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat alokasi pengeluaran untuk kecantikan dengan pilihan kerja kaum muda pedesaan. Bagi kaum muda pedesaan, kecantikan dan ketampanan tidak diutamakan dalam bekerja tetapi yang terpenting adalah kemampuan. Sementara itu, terdapat hubungan antara persepsi stereotip gender dengan pilihan kerja kaum muda pedesaan. Pelabelan pada perempuan dan lakilaki turut menentukan seseorang dalam memilih pekerjaan yang dianggapnya sesuai atau tidak. Kecenderungan yang terjadi sekarang adalah kaum muda menghindari pekerjaan di sektor pertanian karena dianggap tidak sesuai dengan stereotip dan gaya hidup masa kini.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126502
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I15rsb.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.