Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126341
Title: Pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang pada anak sekolah di SDN Gunung Gede Kota Bogor
Authors: Kustiyah, Lilik
Rodiah, Diah
Issue Date: 2010
Abstract: Masalah gizi adalah gangguan pada beberapa segi kesejahteraan perorangan atau masyarakat yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan zat gizi yang diperoleh dari makanan (Soekirman 2000). Masalah gizi bisa diatasi dengan merubah pengetahuan, sikap dan perilaku gizi sehingga asupan makanan dan gizi bisa lebih baik. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang pada anak sekolah di SDN Gunung Gede Kota Bogor. Tujuan khusus penelitian ini adalah: 1) Mempelajari karakteristik contoh, 2) Mempelajari karakteristik sosial ekonomi keluarga contoh, 3) Mempelajari pengetahuan gizi dan sikap gizi seimbang contoh, 4) Mempelajari perilaku gizi berupa kebiasaan makan, jajan dan aktivitas fisik contoh, 5) Mempelajari kecukupan energi dan protein serta status gizi contoh, 6)Menganalisis hubungan antara pengetahuan gizi dengan sikap gizi, sikap gizi dengan perilaku gizi serta pengetahuan gizi dengan perilaku gizi contoh dan 7) Menganalisis hubungan antara perilaku gizi dengan kecukupan energi dan protein, serta antara kecukupan energi dan protein dengan status gizi. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah cross sectional study, yang dilakukan di SDN Gunung Gede, Kota Bogor, Jawa Barat. SDN Gunung Gede dipilih dengan pertimbangan sekolah tersebut merupakan lokasi penelitian payung yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Kapasitas Sekolah Dasar Menuju Perilaku Gizi Seimbang di Kota Bogor”. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2010. Pemilihan sekolah didasarkan pada beberapa kriteria yaitu: 1) SD negeri di Kota Bogor; 2) semua siswa yang masuk pagi hari; 3) tidak terdapat kantin di sekolah; dan 4) terdapat UKS di sekolah yang bersangkutan. Pada sekolah terpilih, yang mendapatkan intervensi pendidikan gizi adalah kelas 4 dan kelas 5. Dari semua murid kelas 4 dan kelas 5 tersebut diambil 100 murid secara acak dengan menggunakan simple random sampling yang akan dijadikan contoh dalam penelitian. Syarat contoh yang di ambil adalah: 1) tinggal bersama ibu dan ayah atau hanya bersama ibu; dan 2) tidak sakit lebih dari dua hari dalam satu bulan terakhir. Contoh yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 94 orang dan keluarga contoh sebanyak 80 keluarga. Data penelitian yang diperoleh dari kuesioner diolah secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Alat bantu yang digunakan adalah Microsoft excell 2007 dan SPSS 16.0 for Windows. Sebanyak (58.5%) contoh berusia 11 tahun dengan proporsi contoh berjenis kelamin perempuan adalah sebanyak 52.1%. Besar uang saku yang dimiliki contoh berkisar antara Rp.1 000.00 sampai dengan Rp.15 000.00/hari dengan rata-rata Rp.5 917.00±2 777.00. Sebanyak 64.9% contoh memiliki uang saku per hari yang berkisar Rp.3 100.00-8 700.00. Uang saku yang dimiliki contoh rata-rata dialokasikan untuk jajan sebanyak 40.9%. Pendidikan orang tua contoh baik ayah maupun ibu termasuk kategori baik karena pada umumnya telah menyelesaikan pendidikan pada tingkat SLTA, Diploma dan S1. Sebanyak 48.8% pekerjaan yang dimiliki ayah adalah pegawai swasta dan PNS/TNI sebanyak 23.8% dengan status tetap sebanyak 72.5% sedangkan sebanyak 61.3% ibu bekerja sebagai ibu rumah tangga. Pendapatan orang tua contoh hampir tersebar merata di semua kelompok besar pendapatan yaitu sebanyak 33.8% memiliki pendapatan <Rp.3 000 000.00, pada kelompok pendapatan Rp.3 000 000.00-5 000 000.00 sebesar 26.2% serta 22.5% pada kelompok Rp.5 000 000.00-10 000 000.00. Sebanyak 61.3% keluarga contoh termasuk ke dalam keluarga kecil dengan jumlah anggota keluarga kurang atau sama dengan 4 orang. Sebagian
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126341
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I10dro.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.