Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/12444
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPramono, Aryo
dc.date.accessioned2010-05-05T10:37:02Z
dc.date.available2010-05-05T10:37:02Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/12444
dc.description.abstractDaging adalah salah satu hasil ternak yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Selain penganekaragaman sumber pangan, daging dapat menimbulkan kepuasan atau kenikmatan bagi yang memakannya. Daging dapat diolah dengan cara dimasak, digoreng, disate, dipanggang, diasap, atau diolah menjadi produk yang menarik, antara lain daging korned, sosis, dendeng dan abon. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapang mengenai perilaku konsumen dalam memilib daging sapi. Penelitian ini mengambil populasi di perumahan Bumi Indra Prasta Bogor. Target penelitian ini adalah konsumen rumah tangga yang dalam ha1 ini adalah ibu rumah tangga yang diduga memegang peranan penting sebagai penentu kebijaksanaan dalam menentukan pola konsumsi dalam suatu rumah tangga. Dari populasi diambil sampel yang mewakili sebanyak 100 kepala keluarga, yaitu 10% dari total populasi (1002 KK). Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara langsung atau dari jawaban yang diberikan responden melalui pertanyaan yang terdapat dalam kuisioner. Disamping itu diperlukan data sekunder yang diambil dari buku-buku atau bahan tulisan lainnya. Rancangan analisis data dibagi menjadi dua yang pertama adalah analisis data deskriptif Dalam analisis ini menggambarkan perilaku konsumen dalam memilih bentuk daging, memilih bagian daging, cara memilih daging, dan lokasi pembelian daging. Sedangkan yang kedua adalah analisis data asosiatif yaitu dengan menggunakan analisis data khi-kuadrat (chi-square). Analisis ini adalah mencari hubungan (kebebasan) antara karakteristik konsumen yang terdiri dari tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan dengan sikap konsumen terhadap pilihan bentuk daging, pilihan bagian daging, cara memilih daging, dan lokasi pembelian daging. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa sebagian besar konsumen rumah tangga menyukai atau sangat menyukai daging sapi dengan alasan akan memperoleh nilai gizi yang lebih tinggi dari konsumsi daging yaitu sebesar 33,OO % dari total responden. Bentuk daging sapi yang banyak diminati oleh konsumen adalah bentuk daging segar yaitu sebanyak 92,OO % dari total responden. Dengan alasan pertama karena kualitasnya terjamin, kedua bahwa daging segar lebih menyerap bumbu sebingga rasanya lebih enak, ketiga karena daging sapi dalam bentuk segar mudah cara mendapatkannya dan yang terakhir dengan alasan bahwa daging segar mudah untuk diolah sesuai dengan selera konsumen. Bagian atau potongan daging sapi yang banyak diminati oleh konsumen adalah bagian daging has yaitu sebanyak 45 % dari total responden. Alasan yang dikemukakan oleh responden yang lebih memilih bagian daging has adalah karena daging has dalam yaitu bagian daging ini dinilai lebih bersih, lebih padat dan tidak terlalu berlemak. Lokasi pembelian daging yang paling banyak diminati oleh konsumen adalah di pasar tradisional. Alasan yang dikemukakan oleh responden yang lebih menyukai lokasi pembelian di pasar tradisional adalah pertama karena konsumen bisa lebih leluasa dalam memilih daging. Kedua karena konsumen bisa sekalian berbelanja untuk keperluan lainnya. Ketiga karena harganya lebih murah dan yang terakhir karena tidak ada pedagang daging keliling atau tukang sayur yang melewati mmah mereka. Sedangkan dalam memilih daging konsumen sebagian besar melakukan seleksi dari melihat warna daging, meraba daging dan mencium bau daging.Ditinjau dari segi kesehatan, cara memilih daging dengan melakukan perabaan dapat memungkinkan terjadinya kontaminasi. Jadi cara yang paling baik adalah melakukan inspeksi dengan mnggunakan indera penglihatan dan penciuman. Hasil dari pengujian dengan menggunakan analisis chi-sqare untuk melihat adakah hubungan antara faktor karakteristik konsunlen yaitu tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan dengan sikap konsumen terhadap pilihan bentuk daging, bagian daging, cara memilih daging, serta lokasi pembelian daging adalah sebagai berikut : 1.Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pendidikan dengan pilihan bentuk daging, bagian daging, dan dengan lokasi pembelian daging. Serta antara faktor jenis pekerjaan dengan pihihan bentuk daging, bagian daging, cara memilih daging dan lokasi pembelian daging. 2.Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pendidikan dengan cara memilih daging. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa tingkat pengetahuan gizi masyarakat di Perumahan Bumi Indra Prasta masih tergolong rendah, teruama dalam memilih daging sapi dimana faktor kesehatan dan kebersihan daging kurang diperhatikan.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titlePerilaku Konsumen Rumah Tangga Dalam Memilih Daging Sapi Di Perumahan Bumi Indra Prasta Bogorid
dc.typeThesisid
Appears in Collections:Animal Disease and Veterinary Health

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
B01apr_abstract.pdfAbstract219.32 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
B01apr.pdfFull Text3.21 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.