Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122958
Title: Efisiensi Pemasaran Biji Kopi Robusta di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo (Studi Kasus: Desa Donorejo dan Desa Pandanrejo)
Other Titles: Marketing Efficiency of Robusta Coffee Beans in Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo (Case Study: Donorejo Village and Pandanrejo Village)
Authors: Aviny, Eva Yolynda
Darmanto, Deni
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Kopi Robusta adalah komoditas perkebunan unggulan di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu kecamatan sentra produksi, Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, terutama di Desa Donorejo dan Desa Pandanrejo, menghadapi permasalahan pemasaran kopi. Rentang selisih harga yang cukup besar pada tingkat petani dan tingkat konsumen, diduga pemasaran kopi Robusta di Kecamatan Kaligesing tersebut relatif belum efisien. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran kopi Robusta yang relatif efisien di Kecamatan Kaligesing dengan memanfaatkan pendekatan analisis kelembagaan dan saluran pemasaran beserta fungsinya, margin pemasaran, farmer's share, dan rasio B/C. Sebanyak 60 petani dipilih menjadi responden dengan metode simple random sampling, dan 13 pedagang perantara diperoleh melalui snowball sampling berdasarkan informasi dari petani responden. Kajian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga lembaga pemasaran yang terlibat dan menghasilkan empat saluran pemasaran. Saluran pemasaran yang relatif efisien untuk kopi asalan adalah saluran II (petani → Pedagang Pengumpul Besar → konsumen), sedangkan untuk kopi petik merah adalah saluran pemasaran IV (petani → pedagang besar → konsumen). Saluran tersebut merupakan saluran yang relatif pendek dan melibatkan lembaga pemasaran yang relatif sedikit, dimana lembaga pemasaran yang terlibat melakukan fungsi pemasaran yang relatif lengkap, selain itu, saluran yang memiliki rasio B/C merata pada setiap lembaga pemasaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122958
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pernyataan, Abstrak, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover329.92 kBAdobe PDFView/Open
H34190096_Deni Darmanto.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.15 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran484.65 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.