Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120814
Title: Strategi Pengembangan Bisnis Kebun Anggur Jayasri Nursery di Banyumas dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)
Other Titles: Business Development Strategy of Jayasri Nursery Vineyard in Banyumas with Business Model Canvas (BMC) Approach
Authors: Feryanto
Rahmadani, Fatma Awalia
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Jayasri Nursery merupakan kebun anggur yang berada di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah dan potensial untuk dikembangkan menjadi sebuahagrowisata. Jayasri Nursery memiliki kurang lebih 200 varietas tanaman anggurdengan sistem penjualan unik yaitu petik langsung dari pohonnya. Namunpemanfaatan kebun anggur Jayasri Nursery masih belum dilakukan secara optimaldan model bisnisnya masih sederhana. Sehingga diperlukan perencanaan strategisguna mengembangkan usaha kebun anggur Jayasri Nursery. Tujuan daripenelitian ini yaitu untuk memberikan rekomendasi alternatif strategipengembangan bisnis untuk perbaikan model bisnis kebun anggur Jayasri Nursery. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dengan sumber dataprimer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara, kuesioner, dan studi literatur. Analisis data yang digunakan berupaanalisis Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa strategi pengembangan BMC Jayasri Nursery yaitu fokuspada peningkatan kualitas atau penambahan sumberdaya manusia, meningkatkaninfrastruktur, melakukan integrasi antara produk dan jasa untuk membentukagrowisata anggur, serta memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalamaktivitas usahanya sehingga dapat meningkatkan branding dan memperluas pasar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120814
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Fatma Awalia Rahmadani (H34190016).pdf
  Restricted Access
Fulltext3.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.