Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119227
Title: Efek Psikologis Terapi Berjalan dan Bersantai di Taman-Taman Kota Bogor (Studi Kasus: Alun-Alun, Taman Sempur dan Taman Heulang)
Other Titles: Psychological effects of walking and relaxing therapy in Bogor City Parks (Case Study: Alun-Alun, Sempur Park and Heulang Park)
Authors: Fatimah, Indung Sitti
Pratiwi, Prita Indah
Sari, Mona
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Urbanisasi menimbulkan efek dramatis pada pola tata guna lahan dan penurunan kesehatan psikologis. Urbanisasi menyebabkan penggunaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) semakin berkurang. RTH secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan kualitas hidup yang lebih baik. RTH dapat dimanfaatkan sebagai fungsi spesifik, yaitu sebagai ruang dengan fungsi terapi. Terapi berjalan dan bersantai adalah seperangkat praktik yang melibatkan paparan rangsangan alami dengan mempraktikkan aktivitas fisik atau relaksasi di dalam dan sekitar RTH. Merencanakan sebuah RTH yang berguna bagi peningkatan kesehatan psikologis pengguna dapat menjadi bahan pertimbangan pemerintah maupun pihak pengelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek psikologis dari aktivitas berjalan dan duduk santai saat pre-test dan post-test, mengetahui perbandingan efek psikologis dari aktivitas berjalan dan duduk santai saat pre-test dan post-test, mengetahui kondisi kualitas hidup saat pre-test dan post-test dan membandingkan efek psikologis yang dihasilkan di taman-taman Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa studi lapang, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Kuesioner penelitian yang digunakan terdiri atas tiga jenis, yaitu kuesioner psikologis, kuesioner kualitas hidup, dan kuesioner terkait forest bathing. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif (crosstabulation), uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji friedman, uji repeated measures ANOVA, uji t-test berpasangan, uji korelasi spearman, dan uji korelasi pearson. Keberadaan RTH di perkotaan dinilai penting karena dapat berfungsi sebagai area relaksasi dan media terapi psikologis penggunanya. Aktivitas fisik yang dilakukan di RTH dapat bermanfaat secara maksimal jika kondisi RTH mendukung kegiatannya. Kondisi psikologis yang diamati meliputi keadaan suasana hati dan kecemasan, serta mengamati kualitas hidup. Berdasarkan hasil uji, dapat disimpulkan bahwa RTH secara signifikan dapat meningkatkan kondisi psikologis pengguna (p < 0,05). Program forest bathing berjalan dan duduk santai ternyata mendapatkan hasil yang signifikan untuk meningkatkan kondisi psikologis. Namun jika dibandingkan antara kedua aktivitas tersebut, aktivitas duduk santai dengan melihat ke arah good view lebih signifikan meningkatkan kesehatan psikologis dibandingkan aktivitas berjalan. Penelitian ini memiliki keterbatasan, yaitu belum mempertimbangkan kondisi pengunjung RTH yang datang ke tapak pada saat weekday atau weekend.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119227
Appears in Collections:MT - Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Mona Sari (A4501211019).pdf
  Restricted Access
Cover1.64 MBAdobe PDFView/Open
A4501211019_Mona Sari.pdf
  Restricted Access
Fullteks7.78 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Mona Sari (A4501211019).pdf
  Restricted Access
Lampiran2.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.