Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119056
Title: Analisis Strategi Pemasaran Handycraft pada CV.Skyza di Jakarta
Other Titles: Analisis Strategi Pemasaran Handycraft pada CV SKYSA di Jakarta
Authors: Limbong, Wilson Halomoan
Panjaitan, Nurmala Katrina
Pangaribuan, Harawaty
Business management
Issue Date: 2010
Publisher: Bogor Argicultural University (IPB)
Abstract: Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Oleh karena itu, penentuan strategi pemasaran haruslah didasarkan atas analisis lingkungan dan internal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan serta analisis kesempatan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari lingkungannya. Strategi pemasaran yang telah ditetapkan dan dijalankan harus dinilai kembali apakah masih sesuai dengan keadaan/kondisi pada saat ini. Penilaian atau evaluasi ini menggunakan analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. Hasil nilai atau evaluasi ini digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah strategi yang sedang dijalankan perlu diubah, sekaligus digunakan sebagai landasan untuk menyusun atau menentukan strategi yang akan dijalankan pada masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada CV Skysa dalam hal pemasaran produk perusahaan,(2) mengetahui strategi CV Skysa dalam mengatasi masalah pemasaran produk perusahaan, (3) menentukan alternatif strategi pemasaran handycraft yang tepat dan efektif pada CV Skysa. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada peneliti. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung (observasi) dan wawancara dengan responden penelitian, yaitu pemilik perusahaan dan pelanggan/konsumen. Data sekunder diperoleh dari studi literatur berupa jurnal, hasil penelitian terdahulu dan dokumentasi yang dimiliki oleh perusahaan serta data-data publikasi dari perusahaan dan institusi terkait serta majalah/koran. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisa dan menginterpretasikan data adalah (1) metode deskriptif untuk mengetahui kondisi atau perusahaan dilakukan dengan analisis deskriptif terhadap aspek-aspek perusahaan seperti, organisasi, pemasaran, produksi,distribusi, produk dan pesaing dan (2) metode SWOT. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis matrik Internal Factor Evaluation (IFE) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation), analisis SWOT dan analisis matrik profil kompetitif. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal perusahaan maka dapat diidentifikasikan yang menjadi faktor kekuatan perusahaan yaitu mutu, design dan keanekaragaman prduk, harga, pelayanan,promosi dan kepuasan konsumen dan yang menjadi faktor kelemahan perusahaan yaitu merk dan kemudahan memperoleh produk. Berdasarkan hasil analisis lingkungan ekternal perusahaan maka diidentifikasikan yang menjadi faktor peluang bagi perusahaan yaitu pangsa pasar terbuka luas, adanya dukungan pemerintah dan ketersediaan bahan baku, dan yang menjadi faktor ancaman bagi perusahaan yaitu tingginya tingkat persaingan, adanya pendatang baru dan adanya produk pengganti. Hasil identifikasi kekuatan dan kelemahan pada faktor strategis internal (IFE) mendapat nilai 3,16 dan hasil identifikasi peluang dan ancaman pada faktor strategik eksternal (EFE) mendapat nilai 2,97. Berdasarkan hasil analisis lingkungan tersebut dan dengan menggunakan analisis Matrik IE maka terlihat posisi perusahaan berada pada kuadran IV yaitu stabilitas....dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119056
Appears in Collections:MT - Agriculture Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2010hpa.pdf
  Restricted Access
Fulltext10.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.