Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118242
Title: Kajian Tren Flavor Produk Pangan yang Diluncurkan di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand
Authors: Andarwulan, Nuri
Hariyadi, Purwiyatno
Sjahwil, Norisza Lisa
Issue Date: 2012
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Penerapan rasa di semua produk terutama ditujukan untuk meningkatkan keinginan manusia untuk meningkatkan kesenangan dan kenikmatan kesenangan. Aspek hedonistik, oleh karena itu, menjadi dasar industri rasa. Mega-tren kemudahan, konektivitas, kenyamanan, sensorik, individualisme dan kesehatan diadopsi oleh konsumen saat ini. Perilaku ini kemudian mendorong industri makanan dan secara tidak langsung mensyaratkan industri flavor untuk memenuhi minimal satu atau setidaknya beberapa kriteria mega-trend agar produknya dapat diterima dengan baik. Bisnis flavor di Asia Pasifik mencapai pasar terbesar ke-2 di dunia. Studi ini bertujuan untuk meninjau tren rasa dari produk makanan yang diluncurkan di negara-negara besar ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand selama tahun 2006 – 2010 dimana pasar terus berkembang. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dilanggan pada perusahaan PT. Givaudan Indonesia via Mintel, Euromonitor, Datamonitor dan literatur lain yang terkait dengan status sosial ekonomi, faktor demografis, informasi kuliner. Peluncuran produk berkorelasi dengan PDB. Angka koefisien korelasi dalam urutan menurun adalah 0,85, 0,84, 0,66, 0,54 untuk Thailand, Indonesia, Filipina dan Malaysia, sedangkan R2 keseluruhan adalah 0,796. Lima kategori makanan umum adalah minuman non-alkohol, roti, saus dan bumbu, makanan ringan dan susu. Terdapat sedikit perbedaan di masing-masing negara, misalnya Indonesia dengan makanan bayi, Filipina dengan gula dan permen karet serta Thailand dengan pusat makanan dan makanan. Tren rasa pada minuman non-alkohol adalah buah-buahan dan cokelat; roti adalah cokelat, stroberi, vanila, dan susu seperti keju, susu, dan mentega; saus dan bumbunya adalah cabai, kecap, tomat, barbeque; makanan ringan adalah keju, barbeque, rempah-rempah/pedas dan produk susu adalah cokelat, stroberi, vanila.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118242
Appears in Collections:MT - Agriculture Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2012lns.pdf
  Restricted Access
Full text1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.