Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117057
Title: Efektivitas Kampanye Komunikasi #VaksinHarusLengkap dalam Mendukung Program Vaksinasi Covid-19.
Authors: Hadiyanto
Andika, Gamal Nur
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Berbagai langkah preventif dilakukan untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19, salah satunya dengan program vaksinasi Covid-19. Akan tetapi, masih terdapat masyarakat yang ragu dan kurang percaya untuk menerima vaksin Covid19. Oleh karenanya, pemerintah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Melalui media Instagram @lawancovid_id, KPCPEN melakukan berbagai kampanye salah satunya kampanye #VaksinHarusLengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas kampanye #VaksinHarusLengkap dalam mendorong masyarakat untuk dapat mengikuti program vaskinasi Covid-19 dengan dosis lengkap. Penelitian menggunakan metode survey dengan instrumen kuisoner melalui platform Google-Form yang disebarkan kepada 70 responden sebagai pengikut akun @lawancovid19_id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kampanye berada pada kategori tinggi untuk aspek tingkat pengetahuan dan berada pada kategori sedang untuk aspek tingkat sikap dan perilaku. Hubungan nyata ditemukan antara karakteristik individu pada variable usia dan tingkat pendidikan dengan efektivitas kampanye komunikasi pada aspek sikap. Selain itu, terdapat hubungan nyata lainnya yang ditemukan antara strategi pesan kampanye dengan efektivitas kampanye komunikasi.
Various preventive steps have been taken to overcome the spread of the Covid-19 virus, one of which is the Covid-19 vaccination program. However, some people are doubtful in receiving the Covid-19 vaccine. Therefore, the government formed the Committee for Handling Covid-19 and National Economic Recovery (KPCPEN). Through the media Instagram @lawancovid_id, KPCPEN conducts various campaigns, one of which was the #VaksinHarusLengkap campaign. This study aimed to analyze the effectiveness of the #VaksinHarusLengkap campaign in encouraging people to take part in the full dose of the Covid-19 vaccination. The research used a survey method with a questionnaire instrument via the Google-Form, distributed to 70 respondents of the @lawancovid19_id’s followers. This research shows that the effectiveness of communication campaigns has the highest rate for changes of knowledge, and a moderate rate for changes of attitudes and bebehaviorsSignificant relationships were found between individual characteristics on indicators of age and level of education with the effectiveness of communication campaigns on the attitude aspect. In addition, there is another real relationship between message strategies and the effectiveness of communication campaigns.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117057
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Gamal.pdf
  Restricted Access
Cover606.21 kBAdobe PDFView/Open
I34190093_GAMAL NUR ANDIKA.pdf
  Restricted Access
Fullteks13.01 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Gamal.pdf
  Restricted Access
Lampiran366.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.