Efektivitas Kampanye Komunikasi #VaksinHarusLengkap dalam Mendukung Program Vaksinasi Covid-19.
Abstract
Berbagai langkah preventif dilakukan untuk mengatasi penyebaran virus
Covid-19, salah satunya dengan program vaksinasi Covid-19. Akan tetapi, masih
terdapat masyarakat yang ragu dan kurang percaya untuk menerima vaksin Covid19. Oleh karenanya, pemerintah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan
Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Melalui media Instagram
@lawancovid_id, KPCPEN melakukan berbagai kampanye salah satunya
kampanye #VaksinHarusLengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis efektivitas kampanye #VaksinHarusLengkap dalam mendorong
masyarakat untuk dapat mengikuti program vaskinasi Covid-19 dengan dosis
lengkap. Penelitian menggunakan metode survey dengan instrumen kuisoner
melalui platform Google-Form yang disebarkan kepada 70 responden sebagai
pengikut akun @lawancovid19_id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
efektivitas kampanye berada pada kategori tinggi untuk aspek tingkat pengetahuan
dan berada pada kategori sedang untuk aspek tingkat sikap dan perilaku.
Hubungan nyata ditemukan antara karakteristik individu pada variable usia dan
tingkat pendidikan dengan efektivitas kampanye komunikasi pada aspek sikap.
Selain itu, terdapat hubungan nyata lainnya yang ditemukan antara strategi pesan
kampanye dengan efektivitas kampanye komunikasi. Various preventive steps have been taken to overcome the spread of the
Covid-19 virus, one of which is the Covid-19 vaccination program. However,
some people are doubtful in receiving the Covid-19 vaccine. Therefore, the
government formed the Committee for Handling Covid-19 and National
Economic Recovery (KPCPEN). Through the media Instagram @lawancovid_id,
KPCPEN conducts various campaigns, one of which was the
#VaksinHarusLengkap campaign. This study aimed to analyze the effectiveness
of the #VaksinHarusLengkap campaign in encouraging people to take part in the
full dose of the Covid-19 vaccination. The research used a survey method with a
questionnaire instrument via the Google-Form, distributed to 70 respondents of
the @lawancovid19_id’s followers. This research shows that the effectiveness of
communication campaigns has the highest rate for changes of knowledge, and a
moderate rate for changes of attitudes and bebehaviorsSignificant relationships
were found between individual characteristics on indicators of age and level of
education with the effectiveness of communication campaigns on the attitude
aspect. In addition, there is another real relationship between message strategies
and the effectiveness of communication campaigns.