Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116531
Title: Pengaruh Dosis dan Frekuensi Pemupukan NPK terhadap Produksi Biji Kering Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus L.)
Other Titles: The Effect of Dose and Frequency of NPK Fertilizer on the Seed Production of Winged Bean (Psophocarpus tetragonolobus L.)
Authors: Melati, Maya
Purnamawati, Heni
Hidayah, Maulida Neva
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus L.) memiliki berbagai kandungan protein, asam amino, dan nutrisi. Polong muda nya biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai sayuran. Biji kecipir memiliki potensi sebagai subtitusi kedelai karena memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan kedelai. Budidaya kecipir di Indonesia terus memerlukan perbaikan untuk peningkatan produksi terutama untuk varietas baru yang memerlukan rekomendasi pemupukan. Dosis dan frekuensi pemupukan diperlukan untuk tanaman kecipir yang pembungaannya bertahap. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mempelajari dosis dan frekuensi pemupukan NPK yang tepat untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman dan produksi biji kering. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Cikarawang IPB, Bogor, sejak bulan Mei sampai Oktober 2022. Kecipir yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan varietas Fairuz IPB. Penelitian ini menggunakan rancangan kelompok lengkap teracak (RKLT) faktorial dengan dua faktor yaitu dosis pupuk NPK (0, 75, 150, 225 kg ha-1) dan frekuensi pemupukan (1, 2, 3 kali). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis pupuk NPK berpengaruh nyata hanya pada tinggi tanaman saat umur 35, 49, dan 63 HST. Perlakuan dosis pupuk NPK dan frekuensi pemupukan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap produksi biji kering kecipir diduga karena kemasaman tanah yang belum cukup teratasi dengan penambahan kapur.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116531
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.pdf
  Restricted Access
Cover374.89 kBAdobe PDFView/Open
A24180114_Maulida Neva Hidayah.pdf
  Restricted Access
Fullteks743.99 kBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran602.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.