Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116499
Title: Studi Kelayakan Pengelolaan Food Waste Rumah Tangga Berbasis Biokonversi Hermetia Illucens (Studi Kasus: TPS 3R Mutiara Bogor Raya, Kota Bogor)
Other Titles: Feasibility Study of Household Food Waste Management Based on Hermetia Illucens Bioconversion (Case Study: TPS 3R Mutiara Bogor Raya, Bogor City)
Authors: Bahtiar, Rizal
Sudradjat, Dandi Rivaldi
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Tingginya timbulan sampah di Indonesia menjadi masalah serius, salah satunya sampah makanan (food waste) yang dapat diupayakan dengan pengolahan berbasis biokonversi Hermetia Illucens atau nama latin dari Black Soldier Fly (BSF) pada fase maggot yang menghasilkan nilai ekonomi. TPS 3R Mutiara Bogor Raya (MBR) merupakan TPS 3R yang baru menerapkan pengolahan sampah dengan biokonversi tersebut, tetapi masih terkendala pada masalah keuangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan finansial pengelolaan food waste rumah tangga berbasis biokonversi maggot BSF di TPS 3R MBR, manfaat dan biaya sosial dari keberadaan TPS 3R MBR, dan kelayakan finansial rencana pengembangan TPS 3R MBR. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan mengkombinasikan metode analisis kelayakan finansial, cost benefit analysis, dan analisis skenario. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan food waste rumah tangga berbasis biokonversi maggot BSF TPS 3R MBR layak untuk dijalankan. Terjadinya efisiensi terhadap jumlah timbulan sampah, terlepasnya karbon dan gas metana, dan biaya pakan ternak bisnis swadaya masyarakat. Rencana pengembangan TPS 3R MBR layak direalisasikan dengan skema penggunaan Insenerasi, peningkatan upah tenaga kerja sebesar 10%, dan produk akhir berupa dried maggot BSF.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116499
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Dandi Rivaldi Sudradjat_H44180075.pdf
  Restricted Access
Cover454.05 kBAdobe PDFView/Open
Fullteks_Dandi Rivaldi Sudradjat_H44180075.pdf
  Restricted Access
Fullteks2.94 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Dandi Rivaldi Sudradjat_H44180075.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.