Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114471
Title: Destination Branding Strategy Dalam Membangun Desa Wisata Sebagai Upaya Pemulihan Sektor Pariwisata
Authors: Herlina, Lien
Taryana, Asep
Wicaksono, Satrio
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Desa Pakijangan merupakan 1 dari 15 desa yang berada di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Desa Pakijangan menunjukan beberapa potensi daya tarik wisata yang dapat dikembangkan untuk membangun desa wisata. Kajian mengenai pembangunan dan branding desa wisata merupakan salah satu alternatif pemulihan sektor pariwisata Indonesia setelah pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukenali potensi daya tarik wisata, menganalisis pemenuhan kriteria desa wisata, serta merancang destination branding strategy dalam membangun Desa Pakijangan sebagai desa wisata. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, kemudian digunakan matriks SOAR untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga potensi daya tarik wisata di Desa Pakijangan, yaitu: potensi alam, budaya, dan minat khusus, serta terklasifikasi sebagai desa wisata rintisan berdasarkan hasil penjabaran pemenuhan kriteria. Terakhir, berdasarkan pada hasil analisis dan didukung oleh validasi pakar, destination branding strategy bermuara pada tiga tahapan utama, yaitu: preparation, execution, dan maintenance.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114471
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover370.62 kBAdobe PDFView/Open
K14180001_Satrio Wicaksono.pdf
  Restricted Access
Fulltext871.27 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran485 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.